Bagikan:

YOGYAKARTA - Tips memilih jasa ekspedisi untuk pelaku UMKM sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, penggunaan jasa pengiriman yang tepat bisa memengaruhi loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

Tidak sedikit ketepatan waktu pengiriman memengaruhi Keputusan pelanggan untuk melakukan repeat order.

Supaya Anda dapat memilih jasa pengiriman yang memiliki kredibilitas, berikut beberapa tips dalam memilih jasa ekspedisi untuk pelaku UMKM, seperti dirangkum VOI dari berbagai sumber, Rabu, 13 Maret 2024.

Tips Memilih Jasa Ekspedisi untuk Pelaku UMKM

1. Periksa legalitas perusahaan

Ketika menyeleksi layanan jasa ekspedisi, pastikan Anda memilih perusahaan ekspedisi yang benar-benar legal secara hukum.

Sebuah perusahaan ekspedisi bisa dibilang kredibel dan terpercaya bila memiliki dokumen operasional layanan jasa yang legal.

Selain mempunyai legalitas bisnis yang jelas, pastikan alamat perusahaan layanan kirim tersebut juga jelas. Terutama lokasi kantor pusat, kantor cabang ataupun agen-agen yang dimilikinya.

2. Perhatikan SOP Pengiriman

Selain memeriksa legalitas perusahaan, Anda juga perlu memastikan perusahaan tersebut menerapkan Standar Operating Procedure (SOP) yang jelas.

Hal ini karena SOP yang diterapkan bisa jadi cerminan bagaimana proses kerja perusahaan ekspedisi tersebut.

Perusahaan ekspedisi yang tidak mempunyai SOP yang jelas, perlu dipertanyakan kredibilitasnya.

Untuk memeriksa SOP dari perusahaan ekspedisi, Anda dapat melihatnya di situs resmi mereka.

Selain mengetahui SOP yang tertulis, Anda juga perlu melakukan kroscek di lapangan soal bagaimana kinerja perusahaan tersebut. Khususnya dalam hal menangani pengiriman paket, mulai dari penjemputan dan proses pengantaran ke pembeli.

3. Perhatikan jangkauan pengiriman

Tidak semua perusahaan ekspedisi dapat menjangkau berbagai wilayah. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan layanan jasa pengiriman yang dapat menjangkau konsumen di berbagai wilayah pengiriman.

Hal ini penting, agar proses pengiriman barang ke konsumen bisa lebih cepat dan dapat mengurangi risiko kerusakan hingga hilang.

Selain itu, jangkauan pengiriman yang luas juga dapat mengerek penjualan. Usaha UMKM yang tidak didukung layanan pengiriman yang cukup memadai akan sulit berkembang.

4. Cek biaya layanan

Tips memilih jasa ekspedisi untuk pelaku UMKM yang berikutnya adalah memerhatikan biaya layanan.

Biaya pengiriman termasuk hal yang dipertimbangkan oleh calon konsumen, apakah akan lanjut berbelanja atau pergi ke toko online yang lain.

Beban biaya pengiriman yang masuk akal tidak hanya menguntungkan konsumen, namun juga pelaku UMUM.

Oleh sebab itu, gunakan jasa ekspedisi yang tarifnya sepadan dengan layanan yang diberikan. Tarif yang dikenakan tidak memberatkan calon pembeli, tapi memiliki kualitas layanan yang baik.

Bila memungkinkan, Anda bisa memberikan beberapa opsi layanan pengiriman yang berbeda. Agar konsumen dapat memilih layanan jasa ekspedisi yang sesuai dengan preferensi mereka.

5. Lihat ulasan pelanggan

Sebelum memilih jasa ekspedisi tertentu, jangan lupa untuk melihat ulasan pelanggan yang pernah menggunakan jasa mereka.

Dengan melihat ulasan, Anda dapat menghindari dampak negatif layanan pengiriman yang ditawarkan perusahaan ekspedisi tersebut. Perusahaan ekspedisi yang memiliki track record buruk umunnya akan sangat dihindari oleh pembeli.

Demikian informasi tentang tips memilih jasa ekspedisi untuk pelaku UMKM. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.