Tips Mengoptimalkan Bisnis di Bazar Agar Penjualan Naik dan Dapat Pelanggan Baru
Ilustrasi bazar (Antaranews)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi pemilik Usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu tahu bahwa bazar jadi salah satu cara untuk memingkatkan penjualan sekaligus menambah pelanggan baru dalam bisnis. Untuk mencapai itu semua, ikuti tips mengoptimalkan bisnis di bazar.

Tips tersebut penting untuk diketahui karena mengikuti bazar tidak selalu membuahkan hasil yang maksimal. Perlu ada strategi jualan di bazar yang harus dilakukan.

Tips Mengoptimalkan Bisnis di Bazar

Seperti diketahui, bazar adalah pasar yang digelar khusus oleh penyelenggara di tempat dan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya even tersebut digelar selama beberapa hari, bisa di mall, di lapangan, atau tempat lain. Pihak penyelenggara bazar biasanya akan mengajak para UMKM untuk ikut jualan atau menggelar promo di even bazar tersebut.

Salah satu keunggulan bazar adalah biasanya digelar di tempat dan waktu strategis, misalnya digelar di venue konser yang dikunjungi oleh penonton, atau di mall, dan masih banyak lagi.

Bagi pebisnis yang berencana ikut bazar, simak tips memaksimalkan bisnis di bazar agar laku keras dan menambah pelanggan.

  1. Selektif Memilih Bazar

Pebisnis harus selektif memilih penyelenggara bazar. Usahakan memilih event organizer (EO) bazar yang punya pengalaman menggelar acara. Beberapa EO nyatanya terbelit berbagai kasus hingga membuat acara bazar gagal digelar dan UMKM justru mengalami kerugian.

  1. Sesuaikan Bazar dengan Produk Anda

Tidak semua bazar sesuai dengan produk UMKM, oleh karena itu pebisnis harus benar-benar menyesuaikan even bazar, produk yang dijual, dan target market yang ingin disasar. Sebagai contoh, Anda adalah UMKM yang menjual kuliner non-halal, tentu saja tidak akan memilih bazar bertema Islami. Sebagai gantinya Anda bisa mengikuti bazar di even hari perayaan Tionghoa.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Usahakan Anda bisa memilih sendiri booth atau kios khusus tentant yang ikut even bazar. Jika tidak, pertimbangkan lokasi yang sudah disediakan apakan cukup strategi atau tidak. Jika pebisnis bisa memilih sendiri, cobalah memilih booth di dekat pintu masuk, dekat panggung utama, tidak tertutup apapun, dan tidak berada di area sempit.

  1. Buat Booth Semenarik Mungkin

Tidak hanya lokasi, bentuk booth juga membantu pelanggan tertarik dengan barang jualan.  Usahakan memilih warna yang sesuai dengan produk serta dapat dilihat oleh calon pembeli. Anda juga bisa menyediakan beberapa kursi tunggu agar para pembeli bisa duduk sebentar sambil menunggu pesanan mereka.

  1. Pilih Penjaga Booth yang Komunikatif

Penjaga booth punya peran penting saat bazar digelar. Ia tidak hanya melayani pembeli,  namun membantuk menarik para pengunjung acara. Usahakan agar memilih penjaga booth yang komunikatif, ramah, dan terampil.

  1. Terapkan Strategi Promosi

Menerapkan strategi promosi bisa jadi alternatif untuk memperkenalkan produk sekaligus menarik pelanggan baru. Strategi yang bisa digunakan misalnya, memberikan diskon, beli 1 gratis 1, atau Anda bisa memberikan layanan lain yang menarik untuk pelanggan.

Itulah informasi terkait tips mengoptimalkan bisnis di bazar. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.