JAKARTA - PT Dosni Roha Indonesia Tbk (Perseroan) atau disebut juga DNR Corporation telah melaksanakan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan fundamental bisnisnya di sepanjang tahun 2023 melalui restrukturisasi organisasi, efisiensi operasional dan digitalisasi, khususnya di lini bisnis Distribusi. Upaya ini dilakukan guna mendorong produktivitas, terutama penjualan di seluruh lini bisnisnya di tahun 2024.
Hal ini diungkapkan oleh Manajemen Perseroan dalam acara Paparan Publik PT Dosni Roha Indonesia Tbk Tahun 2023 yang digelar secara daring di Jakarta, Rabu 31 Januari.
Saat ini, DNR Corporation menjalankan tiga lini bisnis yang masing-masing dikelola oleh anak-anak usahanya, lini Distribusi oleh PT Dos Ni Roha (DNR Distribution), lini Logistik oleh PT Dosni Roha Logistik (DNR Logistics), dan lini e-Logistik oleh PT StoreSend eLogistik Indonesia (StoreSend Indonesia). Ketiga lini bisnis ini terus bersinergi guna mendukung pencapaian visi Perseroan, yakni "Simplifying Supply Chain for All".
Pelaksanaan sejumlah perbaikan fundamental di internal perusahaan di tahun 2023 berdampak pada kinerja keuangan, di mana pada Desember 2023 Perseroan membukukan (estimasi) Pendapatan sebesar Rp1,5 triliun, EBITDA sebesar Rp30,9 miliar, dan Laba Bersih sebesar minus Rp91,7 miliar. Kinerja ketiga elemen ini turun dibanding periode yang sama di tahun 2022.
"Penurunan kinerja keuangan DNR Corporation di tahun 2023 diimbangi dengan efisiensi operasional dan upaya penambahan prinsipal-prinsipal baru guna meningkatkan penjualan Perseroran di tahun 2024 mendatang," ungkap Gary Tanoesoedibjo, Direktur PT Dosni Roha Indonesia Tbk.
Selain itu, di tahun 2023 DNR Corporation juga telah mengambil tindakan untuk mengantisipasi penurunan kinerja keuangan konsolidasi dengan mengoptimalkan kinerja pada lini bisnis Logistik yang mencakup bisnis Hauling, Third Party Logistics, Inland Trucking dan Project-based. Terbukti, secara umum kinerja keuangan DNR Logistics YTD Desember 2023 mencatat pertumbuhan positif yang signifikan, antara lain Pendapatan/Penjualan naik 63 persen, EBITDA naik 244 persen dan Laba Bersih naik 89 persen dibanding periode yang sama di tahun 2022.
Untuk membangkitkan kinerja bisnis Perseroan di tahun 2024, Perseroan melalui anak-anak usahanya telah menetapkan strategi dan rencana aksi di setiap lini bisnis. Pada bisnis Distribusi, DNR Distribution akan mendorong peningkatan penjualan secara agresif dengan menambah prinsipal baru, pengembangan bisnis grosir, dan meningkatkan bisnis peralatan medis bermargin besar. DNR Distribution juga akan melanjutkan efisiensi biaya operasional melalui restrukturisasi organsiasi, pengembangan sistem dan digitalisasi.
BACA JUGA:
Pada bisnis Logistik, DNR Logistics akan meningkatkan bisnis Hauling dengan menambah unit truk dan mentargetkan kontrak kerja sama baru. Untuk bisnis Inland Trucking, perusahaan akan menambah jumlah pelanggan dengan kontrak jangka panjang, peluncuran sistem transportasi digital baru dan menambah layanan di area Sumatera. DNR Logistics juga akan meningkatkan bisnis Third Party Logistics dengan meluncurkan sistem pergudangan baru, menambah kapasitas gudang, serta menambah cold storage.
Selain itu, DNR Logistics juga akan melakukan ekspansi bisnis berbasis project ke sektor swasta. Sedangkan pada bisnis e-Logistik, StoreSend Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan layanan e-Commerce fulfillment, ekspansi ke kanal e-Commerce baru, menambah layanan pendukung e-Commerce, peluncuran sistem fulfillment baru, dan meningkatkan program awareness/branding.
"Dengan berbagai perbaikan internal dan peningkatan layanan baik yang telah dilakukan di sepanjang tahun 2023 dan strategi serta rencana aksi yang akan dilakukan di tahun 2024, Manajemen Perseroan optimis bahwa DNR Corporation akan kembali tumbuh dan mencapai performa positif di tahun 2024," ujar Gary Tanoesoedibjo.