10 Tips Membangun <i>Personal Branding</i> di Sosial Media Agar Disukai <i>Audience</i>
Ilustrasi personal branding (Madrona Rose on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Personal branding di sosial media kini bukan lagi jadi opsi, namun kebutuhan. Melakukan pencitraan di ruang digital tidak hanya membantu seseorang memperkenalkan diri, namun membangun citra positif di dunia nyata.

Dampak personal branding yang dilakukan di Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, YouTube, atau kanal medsos lain akan memberi efek tertentu di kehidupan nyata, tergantung bagaimana cara orang tersebut membranding diri mereka.

Tips Membangun Personal Branding di Sosial Media

Meski terlihat sepele, personal branding tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk memulai personal branding. Jika Anda ingin memulai personal branding, ikuti beberapa tips yang telah dirangkum VOI dari berbagai sumber.

  1. Buat Akun Medsos Sesuai Target Audience

Harus diketahui bahwa setiap media sosial memiliki audience yang berbeda-beda. Artinya, pengguna Facebook akan berbeda dengan pengguna Instagram. Perbedaan meliputi berbagai aspek, mulai dari umur hingga trend. Bagi Anda yang ingin memulai personal branding, tentukan dulu audience macam apa yang akan Anda bidik.

  1. Buat Profil yang Menarik

Personal branding adalah salah satu upaya memperkenalkan diri secara personal kepada masyarakat melalui media sosial. Untuk melakukannya, Anda butuh profil akun yang menarik. Gunakan foto profil dan nama yang baik dan mudah diingat agar mudah dicari.

  1. Perhatikan Pemilihan Konten

Setelah profil media sosial berhasil dibuat, Anda bisa mulai mengunggah konten. Patut diingat bahwa Anda harus memperhatikan pemilihan konten yang akan diunggah di medsos. Konten ini yang akan berpengaruh besar pada upaya branding Anda.

  1. Harus Interaktif

Media sosial diciptakan untuk memberi ruang interaksi melalui dunia maya. Oleh karenanya, Anda harus bisa berinteraksi lewat media sosial. Misalnya, Anda bisa menyapa teman Anda lewat storygram.

  1. Perhatikan Etika Digital

Meski di dunia maya, Anda juga harus memperhatikan etika dalam bersosialisasi di ruang digital. Pengguna media sosial tak boleh seenaknya sendiri agar tak dicap sebagai personal yang buruk. Alih-alih mendapat kesan baik, Anda berpotensi dianggap sebagai pribadi pengganggu atau semacamnya.

  1. Maksimalkan Fitur

Setiap media sosial menyediakan fitur yang menarik. Anda harus memanfaatkan fitur tersebut dengan maksimal. Misalnya, Anda bisa menyapa teman lewat storygram, atau feed. Anda juga bis melakukan siaran langsung.

  1. Update Rutin

Anda juga disarankan untuk melakukan update setiap hari di media sosial. Pengguna media sosial lebih menyukai akun yang aktif dan positif dibanding akun yang membisu dan jarang bertegur sapa.

  1. Copy Writing yang Baik dan Menarik

Dalam personal branding, pengguna juga bisa menggunakan strategi copy writing yang baik dan menarik. Tulisan digunakan sebagai salah satu cara komunikasi dengan audience. Saat membuat copy writing, tentukan diksi yang tepat dan sesuai dengan audience. Misalnya, audience Anda adalah anak muda, maka diksi yang digunakan juga harus sesuai dengan mereka.

  1. Kolaborasi untuk Membangun Relasi

Agar branding yang dilakukan berhasil, Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan pengguna lain. Kolaborasi bisa dilakukan dengan berbagai cara dan bentuk. Misalnya, Anda bisa membuat video liburan dengan pengguna medsos lain lalu mengunggah dan menandai teman Anda di media sosial. Langkah tersebut bisa dilakukan untuk membangun relasi.

  1. Ikuti Trend

Setiap media sosial memiliki trend yang berbeda-beda. Anda diharapkan memantau trend apa yang sedang terjadi di masing-masing media sosial dan mencoba trend tersebut.

Itulah beberapa tips personal branding di sosial media. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.