Simbol Kemakmuran, Ini Asal Usul Mangkuk Ayam Jago di Indonesia
Mangkuk Ayam Jago

Bagikan:

JAKARTA - Google menggunakan gambar ayam jago sebegai gambar doodle hari ini, 12 September. Ini adalah bentuk perayaan terdaftarnya mangkuk ayam jago lantaran Pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam Lampang sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada 12 September 2013 lalu.

Saat ini seni pembuatan Mangkok ayam yang autentik masih dilakukan di Lampang, Thailand.

“Merayakan Mangkok Ayam Lampang. Cock-a-Doodle-Do! Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikonik," tulis Google.

Padahal Thailand bukan asal mula produksi mangkuk ayam jago, begitupun Indonesia. Meskipun dikenal sebagai mangkuk bubur di Indonesia, namun mangkun ayam jago sebenarnya berasal dari China.

Mangkuk yang menampilkan gambar seekor ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang itu adalah peralatan makan tradisional yang melegenda. Mangkok Ayam atau Rooster Bowl dilaporkan berasal dari Guangdong, China seabad lalu.

Di Asia Tenggara termasuk Indonesia, barang ini dibawa para imigran. Mangkok porselen seperti itu dianggap sebagai barang koleksi langka yang dilukis dengan tangan secara unik oleh perajin terampil.

Desainnya dibuat orang Hakka yang secara individual mencetak dan melukisnya dengan tangan. Dengan kata lain, Mangkok Ayam yang asli hanya ada satu yaitu yang pertama dibuat. Seiring waktu mangkok lainnya dilukis dengan perbedaan-perbedaan kecil dalam ukuran maupun pola.

Filosofi Ayam Jago

Gambar ayam jago melambangkan kemakmuran, ‘ayam’ dalam bahasa Hakka memiliki pengucapan yang mirip dengan ‘rumah’ atau ‘keluarga’. Dikutip dari Says, orang-orang percaya bahwa makan memakai Mangkok Ayam akan mendatangkan kemakmuran bagi keluarga.

Ayam jago juga melambangkan kerja keras, semangat juang, dan keluarga sejahtera. Masyarakat Hakka membeli Mangkok Ayam untuk anak laki-laki mereka dan mengukir namanya atau tanda unik di atasnya. Kala itu, anak laki-laki dianggap keberuntungan sehingga tidak ada gambar ayam betina yang dibuat.

Desain gambar Mangkok Ayam biasanya terdiri atas tiga motif berbeda yaitu ayam jago berekor hitam dengan leher merah, bunga peony merah, dan daun pisang hijau. Bunga peony mewakili pepatah umum China yang yaitu, “Bunga mekar dengan kekayaan dan kemakmuran.”