Bagikan:

JAKARTA - Nugget adalah makanan olahan yang banyak digemari anak-anak. Rasanya yang enak dan praktis dimasak membuat nugget disukai. Selain itu, nugget juga awet bila disimpan pada freezer yang membuatnya menjadi lauk andalan banyak orang.

Sayangnya, nugget dijual di toko atau restoran cepat saji sering mengandung pengawet, garam berlebihan dan minyak yang tak sehat. Chicken nugget buatan sendiri jauh lebih sehat dan lezat. Selain itu, pembuatan nugget ayam juga mudah dibuat.

Jika Anda tertarik untuk mencoba nugget buatan sendiri, Anda bisa melakukan beberapa cara ini. Berikut cara membuat nugget ayam di rumah, seperti dilansir dari laman The Spruce Eats.

1. Kumpulkan Bahan-Bahan

- 1/2 cangkir tepung

- 1 butir telur (kocok)

- 1/2 cangkir remah roti (panko atau Italia)

- 1 pon dada ayam

- 3 sendok teh garam berbumbu

- 3 sendok teh merica

- 1 cangkir minyak kanola

- 1/8 cangkir keju Parmesan parut

- 1/4 sendok teh bubuk bawang putih

Dalam tiga mangkuk terpisah, pisahkan tepung, telur, dan remah roti. Tambahkan satu sendok teh garam berbumbu dan lada hitam ke masing-masing mangkuk dan kocok hingga tercampur.

2. Potong Ayam

Potong lemak dari dada ayam. Lalu, potong-potong menjadi seukuran nugget. Anda juga dapat memotongnya menjadi potongan ayam jika hal itu disukai.

3. Celupkan Ayam ke dalam Tepung Terigu

Celupkan potongan ayam ke dalam mangkuk berisi tepung terigu. Pastikan tidak berlebihan ketika memasukkan tepung ke dalam mangkuk.

4. Celupkan Ayam ke dalam Telur yang Dikocok

Kemudian, celupkan potongan ayam ke dalam campuran telur, pastikan untuk melapisi kedua sisi secara menyeluruh.

5. Lapisi Nugget dengan Tepung Roti

Terakhir, celupkan nugget ayam ke dalam campuran tepung roti, sekali lagi pastikan untuk melapisi kedua sisi secara menyeluruh.

6. Letakkan Nugget di Atas Loyang

Letakkan nugget ayam di atas loyang dan masukkan ke kulkas apabila belum ingin menggorengnya. Jika Anda akan menggoreng nugget ayam, maka masukkan minyak goreng ke dalam wajan. 

7. Panggang atau Goreng Nugget

Panggang nugget ayam dalam oven 425 F selama 25 menit. Bolak-balik nugget di tengah-tengah proses pemanggangan.

Anda juga dapat menggorengnya. Panaskan minyak hingga 375 F dan goreng selama 3 menit di setiap sisi hingga berwarna cokelat keemasan dan matang.

8. Sajikan dengan Saus Cocolan

Sajikan nugget selagi hangat dengan saus favorit Anda.