Cocok untuk Anak Kos, <i>Content Creator</i> di YouTube ini Bagi Tips Memasak yang Mudah Ditiru
Ilustrasi Tim Produksi VOI

Bagikan:

JAKARTA - Tulisan ini rasanya pas bagi kamu yang suka menonton kanal masakan dengan resep sederhana dan tips memasak ala anak kos. Kenal dengan sosok Eddy Siswanto? Content creator yang kerap menyebut dirinya sebagai chef abal-abal ini rajin membagikan tips memasak unik dan sederhana yang mudah dipraktikkan di rumah.

Resep masakan sederhana yang dibagikan Eddy merupakan resep turun temurun yang diwariskan ibunya. Seperti salah satu unggahannya yang paling populer, "Tumis Timun Pakai Telur, Masakan Mamaku". 

Konten paling populer di kanal Eddy Siswanto dengan jumlah penonton mencapai 5,81 juta itu menampilkan  resep sederhana berbekal timun, telur, bawang putih, garam dan penyedap rasa.

Pria yang menyapa penontonnya dengan panggilan khas “sahabatku” ini juga kerap membagikan resep masakan khas Bangka, kampung halamannya. Seperti singkong mie ayam Bangka, ikan cuek suwir, kue semprot dan banyak lainnya.

Selain resep dan tips yang sering dibagikan, keunggulan Eddy Siswanto yang lain adalah gaya bertutur yang lugu. Dia juga kerap menyisipkan dengan pengalaman unik, lucu serta getir ketika Eddy tumbuh dalam keluarga yang pas-pasan.

Modal story telling ini pula yang membuat para pengikutnya betah menonton adegan memasak Eddy. Kemampuan story telling memang tidak dimiliki banyak konten kreator Youtube di genre masakan Indonesia. Di sini, Eddy Siswanto memasak tumis jantung pisang diselingi cerita horor ketika ibunya bertemu sosok kuntilanak bahkan bisa menjadi sangat menarik tanpa hal yang berlebihan. 

Selain Eddy Siswanto, deretan YouTube content creator di bawah ini juga membagikan resep masakan dan tips memasak sederhana ala anak kos yang mudah dipraktikkan. Siapa saja?

Tangkap layar Channel YouTube Eddy Siswanto

 

Abu Tosca

Bagi kamu yang tidak terlalu suka mendengar terlampau banyak Youtuber berbicara dalam kontennya saat memasak, genre ASMR cooking bisa jadi alternatif. Genre nir story telling ini menekankan pada kehadiran suara-suara saat proses memasak berlangsung. Sambil diiringi musik yang menenangkan.

Meski nir story telling, ASMR cooking banyak diminati penggemar konten masakan di YouTube. Dan di Indonesia, penganut genre ini tidaklah banyak. Satu di antaranya yang cukup populer dan kerap membagikan resep masakan dan tips memasak sederhana ala anak kos yaitu Abu Tosca.

Dengan pengambilan kamera yang elegan dan penampilan dapur yang bersih, kanal Abu Tosca kerap membagikan resep masakan lezat nan sederhana yang tidak kalah dengan kanal konten kreator ASMR cooking di Korea Selatan maupun Jepang.

Ada banyak resep menarik di kanal Abu Tosca, kebanyakan merupakan masakan olahan telur seperti buncis telur, telur balado, tahu telur, nasi telur hingga tortilla telur sosis. Salah satu unggahannya yang paling populer yaitu 'RESEP OLAHAN TAHU DAN TELUR - COCOK BANGET BUAT ANAK KOST' yang kini sudah ditonton hingga 11 juta kali.




Sobat Dapur

Salah satu ciri khas channel YouTube, Sobat Dapur yaitu sang konten kreator kerap membagikan ide bisnis kecil-kecilan dari resep jajajan tradisional. Meski penyajiannya tidak sesederhana yang terlihat, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dari resep masakan yang dibagikan Sobat Dapur terbilang ekonomis.

Ada banyak resep jajanan tradisional yang bisa didapatkan dari channel ini. Seperti tips membuat pukis, banana egg roll, bakso aci, siomay ayam, sate kribo hingga singkong keju mekar. Anak kos pun sangat bisa mempraktikkannya.

Caraku Memasak

Jika hendak mencari content creator yang gemar memasak makanan desa dari hal-hal yang tidak lazim, maka Caraku Memasak adalah tempatnya. Di sini, Anda bakal mendapat berbagai resep masakan sederhana dari bahan-bahan unik seperti keong emas, landak laut, ulat, siput conggeng, tripang, undur-undur hingga proses sederhana membuat tahu dan tempe sendiri berbahan kacang kedelai serta cara membuat gula merah.

Ya, meski cukup sulit ditiru anak kos, kanal Caraku Memasak dapat jadi inspirasi bagi Anda dalam meracik makanan berbekal bahan-bahan sederhana.

Resep Masakan Simple

Satu lagi YouTube content creator yang kerap membagikan resep masakan dan tips memasak ala anak kos dan wajib disimak, yakni Resep Masakan Simple. Kanal ini kerap membagikan resep masakan dan jajanan sederhana seperti cara membuat es krim berbahan Milo dan Chocolatos, hingga membuat cake Oreo.

One Meal a Day

One Meal a Day barangkali merupakan salah satu kanal Youtube ASMR Cooking paling populer di Korea Selatan. Dengan total subscriber mencapai 3.35 juta, kanal ini kerap memanjakan para penontonnya dengan resep masakan sederhana khas negeri ginseng. Anak kos pun dapat mempraktikkan resep tersebut dengan alih bahan yang tersedia di Indonesia.