Cara Jadi Content Creator Andal yang Enggak Mainstream!
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di era kemajuan teknologi, memperkenalkan karya melalui platform streaming ternyata bisa menjadi ladang penghasilan baru yang cukup menjanjikan bagi para content creator.

Beragam konten live show yang hadir melalui platform streaming tak dipungkiri menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat di tengah pandemi. Hal ini juga yang kemudian mendorong jumlah konten live show GoPlay pun meningkat hingga sepuluh kali lipat sepanjang Q1 2021.

Antusiasme masyarakat ini turut mendorong lahirnya semakin banyak orang untuk tampil sebagai content creator. Konten-konten yang dihadirkan pun semakin beragam, mulai dari acara memasak, talk show seputar topik terkini, kelas bahasa asing, tebak lagu dan asah ilmu pengetahuan, sampai mabar gim online.

Untuk para content creator yang sedang cari ide baru atau ingin membuat tayangan live show yang sukses, GoPlay punya tips khusus untuk kalian, simak yuk!

1. Konten Kreatif dan Tidak Mainstream adalah Modal Dasar

Kreativitas harus jadi modal dasar setiap content creator. Untuk dapat menarik antusiasme penonton, seorang content creator dituntut harus rajin melakukan riset, selalu mengupdate diri dengan tren terbaru, dan tak kalah penting memanfaatkan momen-momen tertentu guna menampilkan konten yang fresh.

Misalnya, manfaatkan momentum Ramadan yang kini tengah berlangsung. Konsep live show yang menghadirkan garage sale baju atau barang preloved untuk kegiatan amal (charity) bisa kamu jadikan konten menarik sehingga tidak hanya menghibur tetapi juga mengajak penonton untuk berbagi.

Kamu bisa juga berkolaborasi dengan tokoh agama untuk membahas seputar keutamaan bulan Ramadan seperti karakter animasi Hafiz sajikan bersama dengan Ustad Solmed melalui program acara Hafiz Trivia Show pada 13 April lalu.

Konten juga harus dibalut ringan dengan kuis-kuis menarik mengenai puasa untuk semua usia, sehingga tidak terbatas pada anak-anak dan orang tua. Penonton diajak menjawab kuis lewat fitur polling dan fitur chat.

2. Libatkan Penonton

Di tengah keterbatasan ruang gerak selama pandemi setahun terakhir ini, penonton sudah beradaptasi dalam menikmati ragam hiburan secara virtual. Namun, melibatkan penonton dan membuat mereka menjadi bagian penting dari live show akan semakin menambah keseruan menonton sekaligus merangkul potensi penonton setia.

Di GoPlay, content creator dapat memancing reaksi dan melibatkan penonton dengan banyak cara. Misalnya, tanyakan pendapat penonton melalui kolom chat, memberikan kesempatan bagi penonton untuk merekomendasikan hal yang mereka sukai untuk dilakukan oleh performer melalui fitur polling, atau bisa juga meminta dukungan dengan meneriakkan semangat lewat fitur shout out. Uniknya, penonton juga bisa memberikan tantangan bagi content creator dengan fitur tip-0-meter.

3. Jangan Berhenti Belajar

Keseruan acara live dengan interaksi aktif secara realtime dengan penonton membutuhkan skill host yang mumpuni. Content creator yang juga bertindak sebagai host dituntut untuk terus mengasah kemampuan dalam membawakan acara serta sanggup melakukan banyak improvisasi.

Jika masih belum percaya diri membawakan live show di platform streaming, jangan kuatir, banyak artis terkenal yang memulai langkah pertamanya dengan mengalami banyak kekonyolan.

4. Terapkan Jadwal Tetap untuk Jam Streaming Konten

Jangan pernah minder jika penonton acara live show kamu masih terbilang sedikit. Untuk sukses mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan penonton memang memerlukan waktu yang nggak sebentar.

Namun, dari pengamatan GoPlay lewat sejumlah content creator dan tayangan live show yang berjalan, konsistensi dalam menetapkan jadwal jam streaming konten adalah kunci penting untuk menambah jumlah penonton setia.

Salah satunya dialami oleh penyanyi dan pencipta lagu asal Parepare, Arief S. Pramono. Musisi lokal yang memiliki karakter suara unik dan khas dengan petikan gitar akustiknya kini memiliki program unggulan di GoPlay Live.

Pada awal penampilannya sebagai content creator, Arief mengakui tidak memiliki jutaan penonton. Namun, setelah ia mulai disiplin mengatur jadwal streamingnya, belajar mencari tahu apa yang disukai oleh penonton, serta menunjukkan kejujuran dalam bermusik di setiap penampilannya, secara bertahap jumlah penikmat musiknya pun bertambah.

“Content creator itu menurut saya hampir sama seperti art maker yang memerlukan ruang untuk berekspresi dan mengaktualisasikan diri. Selama konten atau musik yang dihadirkan bersumber dari hati, saya yakin akan mengundang para pendengar baru dan syukur jika hal itu bisa menghibur mereka. Apalagi di saat pandemi saat ini, dimana masyarakat mengalami krisis hiburan,” ungkap Arief.