Peluang Usaha untuk Pensiunan Agar Tetap Punya Pemasukan di Usia Senja
Ilustrasi pensiunan (Freepik.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Masa pensiun adalah masa di mana seorang pekerja telah masuk batas usia tertentu. Biasanya, batas usia tersebut ditentukan dari tingkat produktivitasnya. Meski dianggap tidak produktif, pensiunan tetap bisa mendapat penghasilan dengan mendirikan bisnis.

Selain mampu meningkatkan ekonomi, membuka usaha di masa pensiun juga bisa menjaga Anda tetap produktif. Ada banyak peluang usaha untuk pensiunan yang bisa dilakukan.

Peluang Usaha untuk Pensiunan

Usia pensiun pekerja di Indonesia rata-rata 55 tahun. Di usia tersebut, pekerja biasanya mengalami keterbatasan terutama yang berkaitan dengan fisik. Meski demikian, pekerja yang telah pensiun tetap bisa membuka peluang usaha yang bisa dilakoni oleh pensiunan. Macam usaha yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Peternakan dan Pertanian

Banyak orang yang tertarik untuk membuka usaha peternakan atau pertanian di usia senja. Modal yang dibutuhkan pun bisa disesuaikan dengan jenis usaha hingga besar atau kecilnya usaha yang akan dibangun.

Sebagai contoh, pensiunan bisa membuka usaha peternakan lele di pekarangan rumah dengan memanfaatkan kolam buatan. Selain itu pensiunan juga bisa membuka usaha pertanian hidroponik. Pasar dua cabang usaha tersebut saat ini masih cukup tinggi. Selain itu lahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

  1. Membuka Pelatihan Kerja

Usaha pelatihan kerja sangat menjanjikan mengingat setiap tahunnya muncul pekerja-pekerja baru yang membutuhkan pelatihan. Dengan memanfaatkan ilmu dan pengalaman seorang pensiunan, membuka usaha pelatihan kerja bukan hal yang sulit dilakukan.

Sebagai contoh, Anda bisa membuka pelatihan kerja desain, pelatihan public speaking, dan lain sebagainya. Pelatihan bisa dilakukan dengan sistem online maupun offline sesuai kemampuan Anda.

  1. Kos-kosan atau Kontrakan

Jenis usaha ini cukup menjanjikan. Meski membutuhkan modal yang relatif tinggi, namun permintaan pasar atas kos-kosan atau rumah sewa yang tinggi berpotensi mengembalikan modal usaha Anda dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Untuk memulai bisnis ini bisa dilakukan secara bertahap. Misalnya, membangun 1 rumah kecil sederhana yang akan disewakan lalu membangun lagi saat modal sudah kembali.

  1. Usaha Fotocopy

Usaha ini sebenarnya cukup menjamur. Hal itu terjadi karena permintaan masyarakat atas penggandaan dokumen masih tinggi. Usaha fotocopy sangat cocok dilakukan oleh pensiunan karena tidak membutuhkan tenaga yang besar. Anda hanya akan berkutat dengan kertas dan mesin fotocopy. Modal yang dibutuhkan juga masih terjangkau.

  1. Content Creator

Menjadi seorang content creator sangat mungkin dilakukan oleh pekerja yang masuk masa pensiun. Selain itu, jenis usaha ini mendatangkan keuntungan yang lumayan baik dari adsense maupun dari endors.

Sebagai contoh, Anda bisa membagikan kehidupan sehari-hari setelah pensiun, atau menjadi content creator yang membagikan tips dan pengetahuan tentang dunia kerja.

  1. Usaha Sembako

Membuka usaha sembako sangat mungkin dilakukan oleh pensiunan. Terlebih jika di lingkungan sekitar rumah tinggal Anda belum ada usaha semacam ini. Sembako yang bisa dijual seperti beras, minyak sabun, sampo, tabung gas, dan masih banyak lagi. Tak perlu khawatir bersaing dengan ritel karena usaha sembako tetap menguntungkan.

  1. Toko Online

Meski memasuki masa pensiun, pekerja tetap harus bisa belajar menggunakan tools digital. Jika keterampilan tersebut dimiliki, Anda bisa membuka toko online. Jenis barang yang bisa dijual bisa bermacam-macam mulai dari baju, sepatu, mobil, properti, dan masih banyak lagi.

Itulah informasi tentang peluang usaha untuk pensiunan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.