7 Jenis Konten untuk Meningkatkan Engagement Sesuai Algoritma Medsos Terbaru
Ilustrasi media sosial (Unsplash-Rami Al-zayat)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa jenis konten akan berpengaruh besar pada besar atau kecilnya engagement media sosial. Di sisi lain media sosial terus memperbarui algoritma sehingga para content creator harus tahu jenis konten untuk meningkatkan engagement.

Dalam konteks media sosial, engagement adalah tingkat tinggi-rendahnya interaksi audiens dalam postingan di media sosial atau di akun media sosial secara general. Para content creator selalu mempertimbangkan engagement saat membuat konten.

Jenis Konten untuk Meningkatkan Engagement

Pada dasarnya pengguna media sosial boleh membuat konten apa pun, namun sering kali interaksi audiens yang tinggi hanya terjadi di konten tertentu yang diunggah di media sosial, baik TikTok maupun instagram. Beberapa jenis konten yang banyak mendapat interaksi tinggi adalah sebagai berikut.

  1. Dance Content

Saat ini ada banyak pengguna media sosial yang tak malu mengekspresikan diri mereka dalam bentuk dance atau tarian. Selain menghibur, dance content juga mendapatkan engagement tinggi bahkan banyak yang viral. Dance content mengundang pengguna media sosial lain untuk menyukai, mengomentari, hingga membagikan ulang di media sosial mereka.

  1. Komedi

Jenis konten selanjutnya adalah komedi. Para content creator berlomba-lomba menghibur pengguna medsos dengan membuat bervariasi komedi atau lelucon. Konten semacam ini biasanya berbentuk video sitkom, kejadian lucu di sekitar mereka, hingga tebak-tebakan singkat. Terbukti, konten berbau komedi cukup mengundang perhatian pengguna media sosial lainnya.

  1. Tips dan Tutorial

Tipe konten ini juga sangat disukai oleh pengguna media sosial, terlebih tips dan tutorial yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Beberapa content creator sering membagikan tips seperti tips memasak, tips liburan, dan sebagainya. Sedangkan tutorial yang kerap dibagikan misalnya tutorial membuat kerajinan atau membuat kue cantik.

  1. Informasi Menarik

Jenis konten informasi juga tak kalah mendapat sorotan. Anda bisa membuat konten yang di dalamnya mengandung informasi, baik yang unik maupun aktual. Konten informasi unik misalnya membahas fakta-fakta yang jarang diketahui oleh masyarakat luas. Sedangkan informasi aktual misalnya konten yang kerap diunggah di akun media sosial pemberitaan atau koran.

  1. Reaksi

Pernahkan Anda melihat konten yang memperlihatkan ekspresi seseorang saat melihat suatu kejadian atau video tertentu? Ternyata jenis konten ini sangat disukai oleh pengguna media sosial. Anda bisa membuat video semacam ini dengan menonton video apapun, lalu rekamlah reaksi Anda dan unggah di media sosial.

  1. Motivasi

Wajar jika banyak pengguna media sosial sangat menyukai konten yang di dalamnya banyak mengandung motivasi, baik yang berkaitan dengan agama, percintaan, dan sebagainya. Biasanya konten motivasi digunakan sebagai penyemangat hidup seseorang untuk mencapai hal baik tertentu.

  1. Konten Hewan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, cobalah untuk merekam tingkah mereka di media sosial. Konten semacam ini ternyata banyak disukai sehingga mengundang engagement yang tinggi. Di media sosial ada banyak video tentang hewan mulai dari anjing, kucing, burung, iguana, gajah, macan, dan masih banyak lagi. Namun saat membuat konten jenis ini Anda harus mempertimbangkan keamanan dan keselamatan hewan agar tak mendapat kecaman dari netizen.

Itulah beberapa jenis konten untuk meningkatkan engagement. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.