Apa Itu TikTok for Business? Berikut Pengertian dan Cara Memaksimalkannya
Ilustrasi TikTok for business (foto: Antonbe/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu TikTok for Business? Ini adalah fitur yang disematkan Bytedance di TikTok untuk memudahkan para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya.

TikTok for Business pertama kali hadir di Indonesia pada Juli 2020. Kehadiran fitur ini langsung menjadi perhatian brand dan marketer, sebab penggu TikTok mengalami peningkatan yang siginifikan sejak diluncurkan pada September 2016.

Menurut data We Are Social, jumlah pengguna TikTok di dunia diperkirakan mencapai 1,05 miliar pada Januari 2023. Angka tersebut meningkat 18,8 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Indonesia sendiri menjadi negara pengguna TikTok terbesar kedua dengan 109,90 juta pengguna.

Jumlah pengguna yang fantastis tersebut tentunya merupakan peluang besar untuk mendatangkan cuan, terutama bagi para pelaku bisnis.

Nah, bagi yang ingin mengetahui apa itu TikTok for business beserta cara memanfaatkannya, baca terus artikel berikut ini.

Apa Itu TikTok for Business

Dikutip dari Einstein Marketer, TikTok for Business adalah akun di TikTok yang secara spesifik digunakan untuk mengoptimalkan bisnis dan mempromosikan produk dan jasa.

Bytedance selaku induk dari TikTok menjejalkan beberapa fitur spesial pada akun TikTok Business, antara lain:

  • Unique engagement solution
  • Performance tracking secara real time
  • memudahkan mengetahui konten yang relevan dan sedang tren

Konten-konten yang diunggah oleh akun TikTok for Business akan cepat mendapat views, likes, dan juga komentar. Ini tentu sangat berguna untuk meningkatkan brand awareness dan konversi.

TikTok mengklaim bahwa akun bisnisnya sudah digunakan lebih dari 1000 brand ternama. Setiap konten yang diunggah bisa mendapatkan lebih dari 200.000 views dan meningkatkan 9 persen engagement brand.

Cara Memaksimalkan Akun TikTok for Business

1. Pahami fitur TikTok for Business

Supaya dapat memakasimalkan penggunaan TikTok for Business, Anda harus paham betul dengan fitur yang ditawarkan.

Sedianya, fitur TikTok khusus bisnis tak jauh berbeda dengan TikTok personal. Hanya saja, Bytedance menambahkan sejumlah fitur spesial seperti:

  • Unique engagement solution: Ini adalah fitur yang meningkatkan interaksi antara penjual dan calon konsumen dengan cara yang unik. Pelaku usaha dapat membalas pertanyaan atau komentar dengan video.
  • Performance tracking secara realtime: Lewat fitur ini pelaku usaha dapat melihat bagaimana performance dari setiap konten yang di-posting secara real time.
  • Melihat konten yang sedang tren: fitur ini ditambahkan untuk memudahkan pelaku usaha mengetahui apa saja yang sedang menjadi tren di kalangan pengguna TikTok.

Selain memahami fitur TikTok Business dalam, Anda juga perlu mempelajari algoritma TikTok agar bisa memaksimalkan distribusi video yang sudah dibuat.

2. Bikin konten yang spesifik

Menemukan nice alias celah di antara kompetitor merupakan salah satu kunci sukses memanfaatkan TikTok for Business.

Terkait hal ini, Anda dituntut untuk menjadi kreator atau brand yang unik dan berkarakter. Dengan demikian, konten yang Anda buat akan mudah diingat serta membuat orang lebih tertarik dengan konten-konten Anda.

3. Unggah konten video secara rutin

Supaya konten bisnis Anda bisa masuk For You Page (FYP), Anda disarankan untuk mengunggah video secara rutin dan konsisten. Keuntungan masuk FYP adalah dapat meningkatkan engagement.

Untuk memudahkan Anda dalam menjadwalkan konten, Anda bisa memanfaatkan fitur social media calendar.

4. Buat konten yang otentik

Konten yang digemari oleh pengguna TikTok adalah yang terlihat jujur dan tidak dibuat-buat.

Terkait hal ini, buatlah konten yang terasa dekat dengan penonton lalu unggah di akun TikTok for Business. Jangan lupa untuk menyisipkan perspektif lain dari brand Anda.

Demikian informasi tentang apa itu TikTok for Business beserta cara memaksimalkannya. Baca terus VOI.ID untuk mendapatkan berita menarik lainnya.