Cara Menggunakan Tiktok Creative Ads dan Keuntungannya Agar Iklan Viral dan Lebih Maksimal
Ilustrasi TikTok (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tidak hanya influencer, pebisnis juga disarankan tahu bagaimana cara menggunakan TikTok Creative Ads. Pasalnya, fitur yang disediakan oleh media sosial milik Bytedance itu mampu menghasilkan konten menarik dengan jangkauan yang luas.

Tiktok Creative Ads adalah asisten virtual dengan dibekali dengan kecerdasan buatan AI yang bermanfaat untuk membantu pengguna TikTok untuk berkreasi di platform mereka. Creative Assistant milik TikTok memungkinkan pengguna baik pengiklan, mitra materi iklan, dan kreator mendapatkan kemudahan dalam kolaborasi pada proses kreasi iklan.

Cara Menggunakan Tiktok Creative Ads

Dikutip dari pusat bantuan TikTok, TikTok Creative Assistant dapat diakses oleh pengguna yang login ke Creative Center. Fitur ini juga tersedia versi seluler dan desktop. Adapun langkah-langkah memanfaatkan fitur TikTok Creative Ads adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke halaman Creative Center
  • Setelah itu buat akun jika belum memiliki akun, jika sudah, maka pengguna tinggal login dengan akun TikTok for Business dengan cara klik tombol “Login” yang ada di sudut kanan atas halaman.
  • Setelah itu, klik ikon TikTok Creative Assistant yang terletak di sudut kanan atas halaman.
  • Anda bisa menulis pertanyaan terkait materi iklan di Creative Assistant, contoh pertanyaan yang bisa diajukan misalnya, “Tunjukkan iklan terbaik dalam industri [industry] di Creative Center”.
  • Setelah mengetikkan pertanyaan, kirimkan dengan cara klik logo pesawat kertas.
  • Tunggu jawaban dari AI sesaat. Dari sini pengguna bisa melakukan percakapan.
  • Pengguna bisa menghapus riwayat obrolan dengan klik ikon tong sampah.

Cara Membuat Iklan Lewat Tiktok Creative Ads

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, TikTok Creative Center membantu pengiklan untuk menambah kualitas sekaligus efektivitas iklan di medsos tersebut. Di dalam platform tersebut pengiklan bisa tahu apa saja tren yang sedang terjadi, baik hashtag, video, musik, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang berencana membuat iklan dengan memanfaatkan fitur Tiktok Creative Ads, ikuti beberapa langkahnya berikut ini.

  • Masuk ke TikTok Ads Manager

Anda diharuskan memiliki akun Ads Manager, Anda harus mendaftar lebih dulu agar bisa masuk ke Creative Center.

  • Masuk ke Creative Center

Setelah berhasil masuk di TikTok Ads Manager, masuk ke "Creative Center" yang ada di menu samping kiri.

  • Pilih Tools yang Dibutuhkan

Pengiklan bisa memilih berbagai tools yang tersedia misalnya Video Creation Kit, Smart Video Soundtrack, dan sebagainya.

  • Ikuti Instruksi

Ikuti petunjuk tentang cara penggunaan tools yang dipilih. Tools akan menghasilkan materi iklan yang menarik untuk Anda.

  • Pratinjau dan Simpan Materi

Setelah Anda yakin untuk menjadikan materi yang ada di Creative Center sebagai iklan, pengguna bisa melakukan pratinjau dan simpan.

  • Iklan Siap Diluncurkan

Materi iklan yang telah dibuat dan disimpan bisa langsung diluncurkan. Peluncuran  dilakukan melalui TikTok Ads Manager.

Keuntungan Tiktok Creative Ads

Tiktok Creative Ads menawarkan kepada pengiklan untuk membuat materi iklan yang menarik. Berikut ini beberapa keuntungan secara umum yang akan didapatkan.

  • Materi iklan lebih kreatif
  • Desain visual lebih menarik
  • Menambah efektivitas copywriting
  • Penggunaan musik dan suara yang lebih optimal
  • Dapat memanfaatkan fitur spesial TikTok seperti efek, hashtag, dan sebagainya
  • Iklan lebih tertarget
  • Terdapat fitur analisis kinerja yang membantu pengiklan menganalisis efektivitas iklan

Untuk memudahkan Anda dalam beriklan, simak artikel Cara Menggunakan Fitur Iklan di TikTok yang di dalamnya akan membantu pengiklan menjangkau pengguna lain.

Itulah informasi terkait cara menggunakan Tiktok Creative Ads. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.