Cara Memasang TikTok Ads untuk Meningkatkan Performa Bisnis
Cara Memasang TikTok Ads untuk Meningkatkan Performa Bisnis (MarketDream)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi TikTok memiliki beragam fitur menarik yang dapat digunakan oleh penggunanya. Tak heran aplikasi buatan ByteDance tersebut mengalami perkembangan pesat dan menjadi salah satu aplikasi paling populer saat ini.

Di Indonesia sendiri, lebih dari 100 juta pengguna internet telah mengunduh aplikasi TikTok di ponsel mereka. Selain menjadi sarana hiburan, TikTok juga bisa dijadikan media untuk berjualan dan meningkatkan performa bisnis.

Salah satu fitur yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda adalah TikTok Ads. Layanan iklan yang terbagi ke dalam beberapa jenis antara lain "In-Feed Video", "Brand Takeover" dan "Hastag Chalenge".

Cara menggunakan fitur TikTok Ads pun sangat mudah. Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang disusun tim VOI di bawah ini untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Cara Membuat Iklan di TikTok Ads

Untuk menggunakan TikTok Ads, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat akun TikTok Ads terlebih dahulu. Caranya, pengguna dapat mengunjungi situs TikTok Ads, kemudian klik "Create an Ads Button" pada halaman utama yang muncul di perangkat Anda.

Setelah membuat akun TikTok Ads, pengguna dapat memulai campaign baru menggunakan TikTok Ads, untuk mempromosikan produk. Pilih menu "Campaign" setelah Anda masuk ke halaman TikTok Ads, dan klik ikon "Create" untuk membuat TikTok Ads.

Setelah itu, pilih target atau tujuan "Campaign" yang Anda lakukan. Terdapat tiga pilihan campaign yang dapat Anda pilih sebagai tujuan, yakni meningkatkan traffic, meningkatkan conversion, dan menambah jumlah instal aplikasi yang Anda promosikan.

Selanjutnya, tetapkan penempatan TikTok Ads secara detail, sesuai dengan target Anda. Pengguna dapat menempatkan iklan secara spesifik, misalnya iklan akan muncul pada konten-konten tertentu yang Anda tetapkan.

Jenis iklan yang digunakan dan detail produk yang dipromosikan akan memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan iklan Anda. Oleh karena itu, Anda harus menargetkannya secara detail.

Anda juga dapat menampilkan nama, gambar, dan kategori yang relevan mengenai produk Anda. Pengguna juga dapat memberi deskripsi singkat mengenai produk yang dibuat.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih target konsumen yang dapat melihat iklan Anda di TikTok, misalnya rentang umur yang diinginkan, jenis kelamin dan lokasi tempat tinggal mereka.

Setelah itu, tentukan anggaran yang Anda keluarkan untuk memasang iklan di TikTok Ads, dan berapa lama waktu iklan tersebut akan ditayangkan di aplikasi TikTok.

Setelah mengatur semua detail iklan di TikTok Ads, pengguna dapat memilih ikon apply untuk mengajukan iklan ke TikTok Ads. Permintaan Anda pun bakal diproses oleh TikTok.

Demikianlah cara membuat iklan produk menggunakan fitur TikTok Ads yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa bisnis yang Anda jalankan.