Cara Menggunakan Fitur Iklan di TikTok untuk Menjangkau Pengguna Lain
Ilustrasi TikTok bisnis (foto; dok. tiktok)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selain menyediakan fitur pengeditan video, media sosial TikTok juga memiliki fitur lain yang sangat bermanfaat yakni TikTok Ads. Fitur tersebut digunakan untuk sarana iklan oleh penggunanya. Cara menggunakan fitur iklan di TikTok cukup mudah dan efektif untuk menjangkau pengguna lain.

 Cara Menggunakan Fitur Iklan di TikTok

Salah satu keunggulan fitur iklan yang disediakan TikTok adalah pengiklan dapat menjangkau pengguna lain dengan budget yang murah. Artinya cara viral TikTok juga bisa dilakukan lewat fasilitas Ads. Pengguna bisa menyesuaikan budget iklan dengan nominal ratusan ribu saja. Untuk menggunakannya, ikuti cara memasang iklan TikTok berikut ini.

  1. Membuat Akun di TikTok Ads

Langkah pertama beriklan di TikTok adalah dengan masuk ke TikTok for Business. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa menggunakan akun TikTok yang sudah ada. Adapun cara masuknya adalah sebagai berikut.

  • Klik “get started
  • Setelah itu pengguna akan dibawa ke halaman login.
  • Jika belum memiliki akun, pengguna harus membuatnya lebih dulu dengan klik “sign-up”
  • Pengguna diharuskan membuat akun iklan dengan mengisi beberapa kolom. Ikuti seluruh instruksi dengan baik.
  1. Buat Campaign

Pengguna akan dibawa masuk ke dashboard TikTok ads. Di halaman ini Anda mulai bisa membuat campaign sesuai keinginan. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut.

  • Pilih tab campaign yang terletak di bagian atas
  • Klik “create” dan “create new” jika halaman baru terbuka
  • Pilih tujuan kampanye seperti awareness dengan memilih reach, consideration dengan pilihan traffic, app install, video views, hingga conversion. Masing-masing pilihan bisa disesuaikan dengan tujuan iklan Anda
  • Pengguna juga harus menetapkan anggaran iklan. Ada dua opsi yang tersedia yakni membayar biaya harian atau secara total
  • Setelah itu klik “continue”.
  1. Atur Detail dan Target

Pengguna juga harus menentukan penempatakn iklan dan target pasar yang ingin dijangkau melalui iklan. Ikuti tata cara berikut ini untuk mengatur detil dan target.

  • Pengguna akan dialihkan ke dashboard TikTok ads.
  • Di halaman ini pengguna harus memilih penempatan dan target iklan. Selain itu ada pula pilihan auto placement, yakni penentuan yang dilakukan secara otomatis untuk kinerja iklan optimal
  • Setelah itu masukkan semua detil yang diminta. Pengguna juga bisa memasukkan URL atau link website atau toko online yang ditarget.
  • Pilih juga kata kunci yang berkaitan dengan produk atau hal yang ingin diiklankan dengan paling banyak 20 kata kunci. Fungsi kata kunci adalah untuk mencocokkan produk dengan audiens
  • Di penargetan, pengguna bisa memilih audiens target iklan dengan menetapkan parameter yang didasarkan pada lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, dan masih banyak lagi.
  1. Atur Anggaran dan Jadwal

Harus diketahui bahwa anggaran paling sedikit untuk iklan di TikTok adalah sekitar Rp500.000,00 per satu hari. Pengguna juga harus menentukan durasi untuk menjadwalkan kapan penanyangan iklan.

  1. Tentukan Format dan Desain Iklan

Pengguna bisa merancang desain untuk keperluan konten iklan, baik berupa video atau gambar dengan berbagai orientasi bentuk. Selain itu pada konten bisa ditambahkan musik latar dan berbagai efek. Jika iklan disetujui, maka TikTok akan mulai mendistribusikan konten iklan. Pengguna bisa memantau kinerja iklan di dashboard iklan.

Itulah informasi terkait cara menggunakan fitur iklan di TikTok. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.