Bagikan:

JAKARTA - TikTok kembali memanjakan pengiklannya, kini iklan akan muncul di samping hasil pencarian organik saat pengguna mencari sesuatu.

Nantinya, iklan akan muncul berdasarkan relevansi dan sesuai pemcarian pengguna sehingga penempatannya tidak akan sepenuhnya acak. Fitur ini sebelumnya juga telah dimiliki oleh Instagram.

"Iklan secara otomatis dibuat menggunakan konten dari pengiklan yang ada. Iklan tersebut diberi label sebagai konten "Bersponsor" dan muncul di berbagai posisi pada laman hasil berdasarkan relevansi, niat pengguna serra pembelajaran yang lebih luas dari perilaku pengguna lainnya," ujar TikTok dalam pengumumannya, Rabu, 23 Agustus.

Perusahaan mengklaim, platformnya sebagai tujuan pencarian, yang merupakan peluang besar bagi merek untuk menjangkau dan terhubung dengan pelanggan baru.

Menurut sebuah penelitian, 58 persen pengguna TikTok dapat menemukan merek dan produk baru di platform tersebut, 1,5x lebih banyak daripada pengguna platform lainnya.

"Ini memberikan peluang unik untuk menawarkan informasi dan pengalaman yang kaya dan relevan kepada pengguna kami. Pengguna dapat mencari di TikTok untuk menemukan konten baru, memunculkan kembali konten lama, atau mencari item atau ide trending terbaru," kata TikTok.

Untuk menemukan fitur baru ini, pengguna dapat mengklik tombol pencarian di bagian atas umpan tab For You. Lalu ketik permintaan pencarian, yang kemudian alan menghasilkan serangkaian hasil pencarian.

Iklan bakal muncul di antara hasil pencarian itu. Setelah pengguna mengklik iklan pencarian, iklan mencerminkan pengalaman TikTok dalam umpan, dan pengguna dapat terus menggulir hasil pencarian sesuai urutan kemunculannya di halaman.