Cara Sematkan Video di TikTok Supaya Muncul di Urutan Teratas Profil
Cara Sematkan Video di TikTok (Biometric)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi media sosial TikTok terus melakukan inovasi untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya saat melakukan aktivitas menonton video di dalam aplikasi asal China tersebut.

Sejumlah fitur baru terus hadir, dan fitur yang ada dikembangkan supaya tetap up to date dengan pengguna yang kebanyakan berasal dari kalangan remaja. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh TikTok adalah "Sematkan Video" atau "Pin Video".

Fitur tersebut memungkinkan pembuat konten untuk menunjukkan video terbaik yang dimilikinya untuk menarik para penonton. Hal itu pun bakal mempermudah pengikutnya untuk melihat video tersebut dan menontonnya.

Dengan menggunakan fitur "Sematkan Video" kreator juga dapat menunjukkan kepada pengguna lain untuk melihat videonya secara spesifik. Setelah disematkan, video yang dipilih bakal berada di posisi paling atas daftar video di profil TikTok.

Sayangnya, fitur "Sematkan Video" di TikTok hanya dibatasi hingga tiga video saja. Hal itu dilakukan supaya kreator dapat menunjukkan secara spesifik jenis konten yang mereka buat.

Oleh karenanya, jika Anda tertarik untuk menyematkan video TikTok di profil Anda dapat mengikuti tutorial yang sudah dirangkum tim VOI dalam artikel berikut ini.

Cara Menyematkan Video di TikTok

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menyematkan video di TikTok adalah membuka aplikasi TikTok yang sudah ada di smartphone Anda dan login menggunakan akun TikTok Anda.

Masuk ke profil TikTok Anda dengan menekan menu profil pada bagian kanan bawah halaman utama TikTok. Kemudian cari salah satu video yang ingin Anda sematkan atau di-pin supaya muncul di halaman profil TikTok Anda, dan buka video tersebut.

Setelah membuka video TikTok yang ingin disematkan di halaman profil, Anda dapat menekan ikon titik tiga pada bagian kanan bawah video tersebut.

Akan muncul beberapa menu pada bagian bawah, dan Anda dapat memilih menu sematkan atau pin video TikTok. Setelah menekan menu "Sematkan atau Pin", maka video tersebut akan muncul di halaman profil.

Anda dapat mengeceknya dengan kembali ke menu profil untuk memastikan, video yang Anda pilih sudah disematkan pada halaman profil Anda.

Pengguna pun dapat mencari video lain untuk disematkan di halaman profil. Seperti dijelaskan sebelumnya, penyematan video bisa dilakukan hingga tiga video di halaman teratas daftar video di halaman profil Anda.

Demikianlah cara menyematkan video TikTok di halaman profil yang dapat dilakukan untuk para konten kreator supaya mempermudah pengguna TikTok lainnya untuk mengetahui video terbaik Anda.