Cara Mengaktifkan Manajemen Waktu Layar Saat Menonton Video TikTok
Cara Aktifkan Manajemen Waktu Layar di TikTok (Gizmologi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - TikTok merupakan platform media sosial yang semakin populer digunakan. Banyak pengguna yang rela menghabiskan waktunya selama berjam-jam untuk menonton video yang dibuat para konten kreator.

Hal itu pun membuat pengguna sering lupa waktu dan dapat mempengaruhi kesehatannya. Oleh karenanya, TikTok melakukan inovasi dengan menyediakan fitur pengingat waktu menonton yang dapat diaktifkan oleh para penggunanya.

Dengan fitur pengingat waktu, pengguna TikTok dapat membatasi waktu yang digunakan untuk menonton video supaya mempengaruhi kesehatannya. Caranya pun cukup mudah, di mana Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam artikel ini.

Adapun fitur pengingat waktu yang dibuat oleh TikTik berupa Manajemen Waktu Layar. Dengan fitur tersebut layar ponsel pengguna akan secara otomatis berhenti memutar video saat mencapai waktu yang sudah ditentukan.

Berbeda dengan fitur manajemen waktu di aplikasi lain, "Manajemen Waktu Layar" di TikTok memerlukan password yang dibuat oleh penggunanya. Password tersebut akan digunakan saat pengguna ingin melanjutkan untuk menonton video melebih batas waktu yang sudah ditetapkan.

Adapun durasi waktu yang dapat Anda pilih antara lain 40 menit, 60 menit, 90 menit, hingga 120 menit. Jika Anda ingin mengaktifkan "Manajemen Waktu Layar" di TikTok dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Aktifkan Manajemen Waktu Layar di TikTok untuk Batasi Menonton Video

Sebelum mengaktifkan "Manajemen Waktu Layar" di aplikasi TikTok, pengguna dapat upgrade terlebih dahulu aplikasi TikTok di smartphone Anda ke versi terbaru. Selanjutnya, masuk menggunakan akun TikTok Anda.

Klik menu "Profile" kemudian pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas. Gulirkan ke bawah dan klik menu "Pengaturan dan Privasi". Pilih menu "Kesejahteraan Digital".

Selanjutnya, Anda dapat memilih fitur "Manajemen Waktu Layar". Tetapkan pengaturan durasi video saat Anda menonton TikTok. Kemudian tekan ikon panah kanan pada kolom "Tetapkan Batas Waktu" untuk mengatur berapa lama waktu Anda menonton video.

Terdapat empat pilihan jangka waktu menonton video TikTok yang dapat Anda pilih, antara lain 40 menit, 60 menit, 90 menit, dan 120 menit. Pilih durasi yang Anda inginkan dan klik kolom "Aktifkan".

Selanjutnya, "Buat Password" pada menu yang tersedia dan lakukan konfirmasi password. Klik kolom "Berikutnya", dan pilih kolom "Aktifkan". Password tersebut akan muncul saat durasi waktu yang Anda tetapkan sudah habis, tetapi Anda masih ingin melanjutkan menonton video di TikTok.

Setelah melakukan langkah di atas, maka fitur "Manajemen Waktu Layar" di aplikasi TikTok Anda sudah aktif. Pengguna pun dapat menonaktifkannya kembali jika sudah tidak memerlukannya.