TikTok Punya Cara Baru Agar Umpan For You Tak Lagi Membosankan
TikTok meluncurkan fitur baru dimana pengguna dapat menyegarkan umpan For You (foto: dok. TikTok)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok meluncurkan fitur baru dimana pengguna dapat menyegarkan umpan For You jika rekomendasi mereka tidak lagi relevan. Pembaruan lainnya turut hadir untuk mencegah rekomendasi berulang agar pengguna mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik.

"Ada kalanya rekomendasi orang tidak lagi terasa relevan, atau memberikan variasi topik yang cukup," ungkap TikTok dalam blog resminya, dikutip VOI Jumat, 17 Maret.

"Jadi, kami meluncurkan cara untuk menyegarkan rekomendasi umpan For You jika tidak lagi terasa cocok untuk Anda," imbuhnya.

Fitur baru ini akan menghapus interaksi sebelumnya di aplikasi dan mulai membuat video yang direkomendasikan berdasarkan waktu seseorang di aplikasi sejak tanggal tersebut.

"Saat diaktifkan, fitur ini memungkinkan seseorang untuk melihat konten di umpan For You mereka seolah-olah mereka baru saja mendaftar ke TikTok. Sistem rekomendasi kami kemudian akan mulai memunculkan lebih banyak konten berdasarkan interaksi baru" ujar TikTok.

Dengan hadirnya fitur baru itu, menambah sejumlah kontrol konten yang sudah dimiliki pengguna untuk membentuk pengalaman mereka.

Misalnya, pengguna dapat memilih untuk secara otomatis memfilter video yang menggunakan tagar atau frasa tertentu dari umpan For You, dan mengatakan tidak tertarik untuk melewati video mendatang dari seorang kreator atau yang menggunakan suara tertentu.

Mengaktifkan penyegaran tidak akan menimpa pengaturan apa pun yang telah pengguna pilih untuk mengaktifkan atau memengaruhi akun yang diikuti.

Di sisi lain, TikTok juga telah memberikan beberapa wawasan baru tentang cara meningkatkan sistem rekomendasinya untuk menghindari pengulangan konten, dan khususnya, memastikan pengguna tidak terlalu banyak menampilkan konten yang berpotensi berbahaya atau memicu.

"Menghapus konten yang menurut kami melanggar aturan kami, seperti konten mempromosikan tindakan menyakiti diri sendiri atau gangguan pola makan. Meminimalkan rekomendasi topik yang bisa berdampak negatif jika dilihat berulang kali," kata TikTok.

"Memfilter konten dengan tema kompleks atau dewasa dari akun remaja, didukung oleh sistem Tingkat Konten kami. Dengan menggunakan sistem ini, lebih dari 65.000 video tentang bedah kosmetik dibuat tidak memenuhi syarat dari pengalaman menonton remaja dalam dua bulan pertama tahun ini," tambahnya.

Selain itu, TikTok berupaya menerapkan batasan dengan hati-hati pada beberapa konten yang tidak melanggar kebijakan, tetapi dapat memengaruhi pengalaman menonton jika dilihat berulang kali, terutama terkait dengan konten bertema kesedihan, olahraga, diet ekstrem atau yang menjurus ke arah seksual.

"Mengingat hal ini, pendekatan kami adalah menghapus konten yang mempromosikan atau memuliakan tindakan melukai diri sendiri atau kebijakan kami yang lain, sambil mengizinkan konten pemulihan atau pendidikan, dengan batasan seberapa sering konten pemulihan atau pendidikan tersebut memenuhi syarat untuk direkomendasikan," tutur TikTok.