Twitter Buat Fitur Baru “For You” Berdasarkan Algoritma, Mirip Fitur "For Your Page"  TikTok
Twitter buat fitur baru mirip TikTok. (foto: dok. twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter mengubah cara Anda berpindah antara garis waktu (timeline) yang digerakkan oleh algoritma dan kronologis terbalik serta menjadikan umpan algoritmik sebagai default.

Dalam perubahan yang diluncurkan ke pengguna iOS terlebih dahulu, Twitter telah menghilangkan tombol bintang di kanan atas yang memungkinkan Anda beralih di antara dua umpan. Sebagai gantinya ada dua tab - satu berlabel "Untuk Anda" (“For You”) dan yang lainnya "Mengikuti" (Follow) - dan saat Anda membuka aplikasi, Anda akan melihat tab Untuk Anda terlebih dahulu.

For You, yang berbagi nama dengan umpan berbasis algoritma TikTok, mirip dengan opsi "Beranda" lama, yang menampilkan tweet dari orang yang Anda ikuti, diselingi dengan tweet yang menurut Anda mungkin Anda sukai. Ini bukan pertama kalinya Twitter menyalin fitur TikTok. Fitur “Mengikuti (Follow)” adalah apa yang dulu disebut "Tweet Terbaru".

Perubahan membuat Twitter  lebih mudah diakses untuk beralih di antara beberapa fitur, karena kini hanya diperlukan  satu sapuan alih-alih beberapa ketukan. Namun ada sesuatu yang hilang. Terutama jika Anda menyetel aplikasi untuk menampilkan "Tweet Terbaru", yang biasanya melekat di versi lama.

Sekarang,  bahkan ketika Anda menutup aplikasi dan membukanya kembali, Anda diperlihatkan pada umpan Untuk Anda (for You). Itu sedikit mengecewakan karena  ada banyak orang yang jauh lebih suka umpan kronologis terbalik, dan upaya sebelumnya untuk menghilangkannya atau mempersulit akses tersebut biasanya memicu kemarahan pengguna.

Meskipun perubahan ini secara teknis membuatnya lebih mudah untuk diakses dari garis waktu algoritmik, ini jelas membuat opsi terakhir lebih sulit untuk diabaikan. Namun antarmuka lama dengan tombol bintang masih tersedia di Android dan web, setidaknya untuk saat ini.

Perubahan itu sebagian memenuhi janji dari CEO Twitter Elon Musk. Pada  20 Desember, dia men-tweet bahwa "garis waktu utama harus memungkinkan gesekan ke samping yang mudah antara topik teratas, terbaru, tren, dan yang Anda ikuti," dan mengatakan bahwa perusahaan akan "segera membuat perubahan ini".

Sejauh ini, tidak ada opsi untuk menggeser ke trending dan topik yang diikuti, meskipun halaman trending hanya berjarak beberapa ketukan di menu pencarian.