TikTok Notes Resmi Diluncurkan, Mirip Seperti Pinterest
TikTok Notes tersedia di beberapa negara (foto: X @TikTokComms)

Bagikan:

 

JAKARTA – TikTok meluncurkan aplikasi yang mirip dengan Instagram. Aplikasi yang diluncurkan dengan nama TikTok Notes ini sudah bisa diunduh di toko aplikasi, tetapi hanya tersedia di Australia dan Kanada.

Platform yang dikenal dengan format video vertikal itu mengungkapkan bawah mereka ingin bereksperimen dengan jenis media sosial yang berbeda. TikTok ingin menyediakan platform baru untuk berbagi momen sehingga mereka meluncurkan TikTok Notes.

"Kami sedang dalam tahap awal bereksperimen dengan ruang khusus untuk konten foto dan teks dengan TikTok Notes. Mulai hari ini, TikTok Notes tersedia untuk diunduh dan pengujian terbatas di Australia dan Kanada," kata TikTok melalui platform X.

Meski konsepnya sama seperti Instagram, yaitu untuk membagikan foto dengan caption, TikTok Notes memiliki tampilan antarmuka yang sangat berbeda. Bahkan, bagian feed dari TikTok Notes lebih terlihat seperti aplikasi Pinterest.

Pengguna TikTok Notes akan melihat dua kategori feed, yaitu For You dan Following. Konsep dari feed For You sama seperti tampilan For Your Page (FYP) di TikTok, yaitu memadukan unggahan foto dari seluruh pengguna TikTok Notes.

Sementara itu, feed Following akan menampilkan foto dari akun yang memang diikuti. Seluruh unggahan foto di TikTok Notes bisa dikomentari, diberi tanda suka, atau bahkan disimpan. Fitur terakhir sangat berguna jika pengguna ingin melihat kembali suatu unggahan.

TikTok Notes memang aplikasi yang berbeda dengan platform video TikTok, tetapi kedua aplikasi masih terhubung. Saat pertama kali membuka TikTok Notes, pengguna bisa langsung masuk ke akun TikTok yang sudah mereka miliki sebelumnya.

Dengan meluncurkan TikTok Notes, TikTok berharap dapat menghadirkan platform yang bisa merekam berbagai momen berharga. Platform ini juga bisa digunakan sebagai media berekspresi secara kreatif atau berinteraksi dengan pengguna lain melalui foto yang disukai.