Instagram Luncurkan Fitur Notes dan Uji Coba Candid Stories
Instagram hari ini memperkenalkan sejumlah fitur baru. (foto: dok. instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram hari ini memperkenalkan sejumlah fitur baru, dengan salah satunya yang paling menonjol adalah Notes. Fitur ini memberikan pengguna kemampuan berbagi postingan pendek hingga 60 karakter.

Meski diklaim mirip seperti Twitter, tetapi fitur Notes hanya akan muncul di Direct Messages (DM) tepat di atas inbox, berbentuk ikon bulat. Notes akan tetap ada selama 24 jam, mirip dengan saat mengunggah Stories, dan balasan akan ditampilkan sebagai DM.

Untuk meninggalkan Notes kepada teman, pengguna bisa membuat pesan, lalu memilih teman yang saling mengikutu atau orang-orang di daftar Close Friends mereka. Fitur ini tersedia di iOS dan Android.

Instagram beralasan, Notes muncul usai mengetahui pengguna mencari cara yang disederhanakan untuk membagikan apa yang ada di pikiran mereka dan memulai percakapan.

"Notes memberi orang cara yang santai dan spontan untuk mengekspresikan diri dan terhubung satu sama lain," ungkap Instagram dalam unggahan blog resminya yang dikutip Rabu, 14 Desember.

Lebih lanjut, serangkaian fitur baru lainnya datang untuk Stories. Pembaruan fitur datang untuk Add Yours yang diluncurkan tahun lalu, mendorong orang lain untuk berpartisipasi dalam tren yang pengguna buat dengan membagikan variasi mereka sendiri.

Sekarang, Instagram sedang menguji pembaruan di mana pengguna dapat secara khusus mengundang teman untuk berpartisipasi dengan mengetuk "pass it on" ketika melihat tren yang mereka sukai.

Fitur itu dimaksudkan untuk mengalahkan TikTok di mana orang banyak meniru tren, baik tarian, sandiwara atau efek AI yang disetel ke musik, dengan memposting hasil mereka sendiri.

Ada juga fitur Candid Stories, yang menurut Instagram adalah cara baru bagi pengguna dan teman mereka untuk mengabadikan dan membagikan segala aktivitas dalam sebuah Stories yang hanya dapat dilihat oleh mereka yang juga berbagi Candid Stories mereka sendiri.

Candid bisa digunakan di kamera Stories, Stories multi-author di bagian atas feeds, atau dari pengingat notifikasi harian. Untuk fitur ini, Instagram akan meluncurkannya secara bertahap pada pengguna globalnya.