Fitur Baru yang Sedang Naik Daun, Ini Perbedaan Instagram Notes dan Stories, Manfaat, dan Cara Pakainya
Ilustrasi Instagram Notes (dok. instagram)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengguna Instagram makin dimanjakan dengan kehadiran fitur baru Notes. Fitur ini akan muncul di atas deretan direct messages (DM) dan sudah bisa digunakan oleh sebagian besar pengguna Instagram. Fitur ini disebut mirip dengan Instagram Stories. Lalu apa perbedaan Instagram Notes dan Stories?

Perbedaan Instagram Notes dan Stories

Perbedaan fitur Stories dan Notes sebenarnya tak terlalu banyak. Meski demikian kedua fitur tersebut tetap berfungsi sebagai penghubung pengguna Instagram satu dengan yang lain. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut.

  1. Tata Letak

Perbedaan Instagram Notes dan Stories yang paling terlihat adalah pada tata letak keduanya. Fitur Instagram Stories berada di atas halaman utama atau beranda Instagram. Sedangkan letak Instagram Notes ada di atas halaman direct message (DM) Instagram. Tata letaknya juga dibuat sejajar horizontal mirip dengan fitur Instagram Stories.

  1. Tampilan Fitur

Tampilan Instagram Stories dan Notes juga berbeda. Pada fitur Stories, pengguna harus menekan tampilan foto profil yang tersedia, baru isi Stories bisa terlihat. Sedangkan pada fitur Instagram Notes, pengguna bisa melihat isi note tanpa harus melakukan klik. Sebagian tulisan yang diunggah penggunanya di fitur tersebut bisa langsung terlihat mesti tak seluruhnya.

  1. Konten

Konten yang bisa diunggah lewat dua fitur yang dimiliki Instagram ini juga berbeda. Pada fitur Notes, Instagram berfokus pada ranah teks saja. Artinya, pengguna tidak bisa mengunggah foto atau video melalui Notes. Sedangkan di fitur Stories, pengguna bisa mengunggah berbagai jenis format konten baik teks, foto, video, hingga audio.

  1. Jumlah Karakter Teks

Instagram mengakomodir penggunanya untuk mengunggah konten teks lewat Stories atau Notes. Namun kapasitas karakter yang disediakan tetap berbeda.

Pada Instagram Stories, jumlah karakter yang bisa ditulis dan diunggah relatif lebih banyak. Sedangkan pada Notes  jumlah teksnya dibatasi yakni maksimal 60 karakter, termasuk pengguna emoji.

  1. Banyaknya Unggahan

Salah satu pembeda fitur Notes dan Stories pada Instagram adalah jumlah konten yang bisa diunggah. Pada fitur Stories, pengguna bisa mengunggah banyak konten dalam satu hari. Sedangkan pada Notes pengguna hanya bisa mengunggah satu kali konten notes dalam sehari.

  1. Respon dari Pengguna Lain

Meski pengguna sama-sama bisa mengomentari konten yang diunggah melalui Stories maupun Notes, jenis respon yang bisa digunakan oleh pengguna ternyata berbeda.

Pada fitur Stories, pengguna bisa mengirim tanggapannya dengan lebih variatif mulai dari teks, emoji, foto, hingga video. Sedangkan pada fitur Notes, pengguna lain hanya bisa mengirimkan respon yang berupa teks sehingga jenis respon lebih terbatas.

Manfaat Instagram Notes

Pada dasarnya seluruh fitur Instagram dimaksudkan untuk memberikan kemudahan para penggunanya untuk terhubung satu sama lain melalui DM, tidak terkecuali pada Instagram Notes.

Dengan fitur Instagram Notes, pengguna bisa mengomentari “celotehan pendek” pengguna yang panjangnya tak lebih dari 60 karakter. Untuk mengomentari Notes, pengguna cukup klik note yang muncul di atas DM.

Cara Pakai Instagram Notes

Cara menggunakan fitur Instagram Notes terbaru sangat mudah. Pada dasarnya cara kerjanya mirip dengan Stories, berikut Langkah-langkahnya.

  1. Buka Instagram;
  2. Masuk ke halaman “Direct Messages”. Anda bisa swipe dari kanan ke kiri;
  3. Klik foto profil Anda yang letaknya ada di deretan paling kiri;
  4. Mulailah mengetik Notes yang ingin disampaikan sesingkat mungkin;
  5. Setelah itu pilih bagikan. Anda bisa membagikannya kepada teman Anda secara umum atau teman dekat saja.

Itulah informasi terkait perbedaan Instagram Notes dan Stories. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.