Partai Ultra  Kanan Portugal, Chega, Ancam Ambil Tindakan Hukum Terhadap Pembatasan Akun Facebook oleh Meta
Andre Ventura, Ketua Partai Chega. (foto: x @AndreCVentura)

Bagikan:

JAKARTA - Partai ultra kanan Portugal, Chega, akan mengambil tindakan hukum terhadap keputusan Meta Platforms Inc, yang membatasi akun Facebook partai tersebut selama 10 tahun. Hal ini dikatakan juru bicara partai tersebut pada Selasa, 16 April.

Chega yang anti-imigrasi dan populist adalah partai politik terbesar ketiga di Portugal, dengan melipatgandakan representasi parlementer menjadi 50 anggota legislatif dalam pemilihan cepat bulan lalu. Fakta ini menegaskan pergeseran menuju populisme sayap kanan jauh di Eropa.

Partai tersebut mengatakan bahwa mereka telah diinformasikan oleh Meta bahwa akun mereka dibatasi selama 3.649 hari karena aktivitas mereka "melanggar standar komunitas kami".

"Kami akan mengambil tindakan hukum terhadap keputusan ini," kata Patricia Carvalho, seorang anggota legislatif dan juru bicara partai. Ia menambahkan bahwa Meta tidak memberikan kesempatan kepada pengguna yang dibatasi untuk mengajukan banding melalui platform media sosial.

Sementara Meta tidak segera membalas permintaan komentar dari media atas laporan itu.

"Pada halaman Facebook Chega, Anda hanya bisa berbagi konten yang dipublikasikan oleh halaman lain. Kami tidak bisa membuat konten," kata Carvalho. Ia juga menyebut keputusan tersebut tidak dapat dimengerti dan merupakan "penindasan yang belum pernah terjadi terhadap sebuah partai politik di Portugal".

Dia menolak untuk berspekulasi tentang apa dan siapa yang mungkin telah memprovokasi keputusan Meta itu. Partai tersebut masih memposting video dan pesan yang dibuat oleh halaman grup parlemen mereka pada Selasa lalu.

Menurut Standar Komunitas Facebook, akun dapat dibatasi ketika ada riwayat pelanggaran sebelumnya dan/atau penggunaan ujaran kebencian, hasutan kekerasan, atau pelanggaran kebijakan lainnya.

Retorika anti-imigrasi dan anti-Roma Chega di masa lalu telah memicu tuduhan pidato diskriminatif dari berbagai spektrum politik.

"Ini adalah bentuk sensor yang tidak dapat diterima," tulis pemimpin partai Andre Ventura di platform media sosial X. Ia juga meminta pendukung Chega untuk menunjukkan kekesalannya kepada Meta.

Partai tersebut menjangkau banyak pemilihnya menggunakan media sosial. Akun Facebook Chega memiliki 199.000 pengikut dan akun TikTok Ventura memiliki lebih dari 280.000 pengikut.