Bluesky Adopsi Umpan Algoritmik Baru yang Lebih Dipersonalisasi
Image Credit: dok. Bluesky

Bagikan:

JAKARTA - Bluesky meluncurkan umpan baru dijuluki Temukan, yang telah dipersonalisasi alias disesuaikan dengan apa yang ingin pengguna lihat.

Umpan Temukan juga akan menyajikan apa yang sedang tren di platform, yang sebelumnya ditampilkan di umpan What's Hot, yang menarik perhatian pengguna dan pengikut potensial.

Namun, umpan ini sekarang telah diganti dengan umpan algoritmik Temukan, yang mencakup konten sedang tren serta postingan dari akun diikuti dan yang dekat dengan lingkaran sosial pengguna.

"Kami akan terus menyempurnakan algoritme ini, dengan tujuan membuat feed penuh dengan konten menarik yang sering diperbarui dan mempertimbangkan minat unik Anda," ujar Bluesky dalam blog resminya, dikutip Sabtu, 29 Juli.

Jenis sistem rekomendasi ini bukanlah hal baru menurut Bluesky, Sebagian besar jejaring sosial memperhitungkan minat dan grafik sosial pengguna untuk membuat umpan unik untuk mereka.

Faktanya, umpan ini mirip dengan umpan algoritmik yang digunakan oleh jejaring sosial lain, termasuk timeline Twitter yakni For You, tab For You milik TikTok, halaman Instagram Explore, atau News Feed Facebook yang diperbarui.

Dikatakan Bluesky, yang membuatnya berbeda dari media sosial lain adalah pilihan algoritme, di mana pengguna dapat melepas sematan feed yang tidak mereka sukai, menemukan dan menginstal feed baru yang lebih sesuai dengan minat mereka.

"Jika pengguna tidak menyukai feed Discover baru kami, Anda dapat menghapusnya dan menggantinya dengan feed khusus lainnyauntuk menyesuaikan sepenuhnya pengalaman mereka jika mereka tidak menyukai pilihan kami," ungkap Bluesky.

Melansir TechCrunch, terlepas dari inovasi Bluesky dalam hal pilihan algoritmik dan protokol jaringan terdesentralisasi yang mendasarinya, ada kekhawatiran tentang masa depan kembaran Twitter khusus ini.

Perusahaan telah berulang kali menghadapi kritik atas kesalahan penanganan tantangan moderasi, yang belum lama ini meloloskan nama pengguna dengan cercaan rasial.