Kecanggihan Drone Tempur Anka, Pesawat Nirawak yang Bisa Angkut Rudal
Ilustrasi Drone Anka (Wikipedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kecanggihan drone tempur Anka menarik perhatian terlebih setelah munculnya kabar bahwa Turkish Aerospace Industry (TAI) sebagai produsen berencana datang ke Jakarta. Kedatangan Turkish Aerospace Industry dilakukan untuk mempresentasikan bagaimana sistem Anka bekerja. Lalu, seperti apa kecanggihan Drone Anka?

Drone Tempur Anka

Drone Anka adalah salah satu produk yang jadi andalan Turkish Aerospace. Perusahaan tersebut mengembangkan Anka hingga generasi tiga dengan berbagai kecanggihan dan teknologi, salah satunya berupa kemampuan terbang mode siluman.

Sebagai informasi, perusahaan pertahanan TAI memproduksi berbagai alat pertahanan mulai dari pesawat terbang, helikopter, satelit, dan berbagai komponen lain. Perusahaan TAI didirikan pada Juni 1973 dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan Turki pada perusahaan pertahanan asing. Salah satu produk yang diunggulkannya adalah drone tempur Anka, pesawat udara tak berawak (UAV) kelas medium-altitude long-endurance (MALE). Lalu seperti apa kecanggihan drone tempur Anka?

  1. Kemampuan Terbang hingga 9.000 Meter

Drone Anka digunakan sebagai pesawat intai tanpa awak. Dalam laman resmi Turkish Aerospace Industries dikatakan bahwa Anka dapat terbang dengan ketinggian kurang lebih 9.000 meter dengan durasi terbang mencapai 30 jam nonstop. Menariknya lagi, drone Anka dapat dioperasikan di medan pertempuran dengan jarak lebih dari 250 km memakai sistem data.

  1. Mesin dan Kecepatan Anka

Mesin yang ditanamkan di Anka menggunakan Tusa Engine Industries TEI-PD170. Sedangkan pada versi yang lebih lama, mesin yang dipakai adalah Thielert Centurion 2.0.. Dengan adanya mesin tersebut, kecepatan maksimal yang bisa diraih Anka adalah 217 km/jam.

  1. Kekuatan Pengangkutan Beban Senjata

Menariknya lagi, pesawat nirawak Anka dapat membawa beban mencapai 350 kg meliputi kamera intai optik, sistem komunikasi berbasis satelit, hingga persenjataan. Anka tidak hanya digunakan untuk fungsi intai namun sebagai drone serang. Untuk mendukung kemampuan tersebut, Anka bisa mengangkut beberapa jenis rudal misalnya Smart Micro Munition (MAM) rudal serang darat Roketsan Cirit. Selain itu Anka bisa membawa rudal anti tank.

  1. Identifikasi Sasaran Gerak

Drone Anka juga memungkunkan untuk melakukan deteksi, mengidentifikasi, hingga melakukan penjejakan tehradap sasaran yang bergerak di permukaan. Tak sampai situ, Anka juga dibekali airborne satellite communications (SATCOM) antenna. Selain itu Anka dapat beroperasi baik pada malam maupun siang hari.

  1. Diminati 4 Negara

Dikutip dari situs Anadolu Agency, drone tempur Anka diminati setidaknya oleh 4 negara. Informasi ini diungkap oleh Chief Product Engineer Ziya Dogan. Kesepakatan ekspor dengan negara lain sudah diteken dan akan dilakukan pengiriman di tahun 2024.

Itulah informasi tentang kecanggihan drone tempur Anka. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.