Cara Mudah Nonaktif WhatsApp Tanpa <i>Uninstall</i> Aplikasi di <i>Smartphone</i>
Cara Nonaktif WhatsApp Tanpa Uninstall Aplikasi (Mangidik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagai salah satu aplikasi pesan instan paling populer, hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi WhatsApp di Android mereka.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp, mulai dari mengirim pesan, baik secara personal maupun grup, juga panggilan telepon hingga video call. Selain itu, Anda juga dapat berbagi dokumen kepada pengguna lain.

Namun, bukan berarti semua pengguna ingin terus memasang aplikasi WhatsApp di smartphone mereka. Mungkin, Anda menjadi salah satu pengguna yang ingin menonaktifkan WhatsApp, tetapi mengurungkannya karena tidak ingin putus kontak dengan teman-teman Anda di WhatsApp.

WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang tidak menyediakan menu "Sign Out" atau mengeluarkan akun. Setiap aplikasi pun hanya dapat digunakan untuk 1 akun saja.

Hal itu pun membuat penggunanya harus menguninstall aplikasi jika ingin keluar dari WhatsApp. Tapi, sebenarnya ada cara yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan WhatsApp tanpa harus menghapus aplikasi.

Jika Anda belum tahu cara melakukannya, ikuti langkah-langkah yang disusun oleh tim VOI, untuk menonaktifkan aplikasi WhatsApp di perangkat smartphone Anda tanpa harus menghapus aplikasinya.

Melakukan Force Stop Aplikasi WhatsApp

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat aplikasi WhatsApp berhenti beroperasi sementara adalah memaksa WhatsApp menghentikan kinerjanya melalui pengaturan ponsel.

Caranya, pengguna dapat masuk ke dalam pengaturan perangkat "Setting" di smartphone. Selanjutnya, Anda dapat membuka menu "Aplikasi" di kolom pengaturan yang sudah Anda buka.

Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp. Akan muncul pilihan menu yang dapat dipilih oleh pengguna, salah satunya adalah "Force Stop" yang berfungsi untuk menghentikan secara paksa kinerja aplikasi yang ada di smartphone Anda.

Jika Anda ingin WhatsApp berhenti beroperasi sementara, atau dinonaktifkan maka tekan tombol "Force Stop" untuk menghentikan kinerja WhatsApp.

Selanjutnya, Anda juga dapat memilih opsi untuk menonaktifkan "Background Data" dan mencabut semua izin aplikasi untuk WhatsApp.

Sebagai catatan, jika Anda melakukan force stop pada aplikasi WhatsApp, maka orang yang mengirim pesan ke akun Anda hanya bisa melihat keterangan centang satu pada pesan yang dikirimkan.

Dengan mengaktifkan force stop, Anda dapat menghentikan kinerja Whatsapp tanpa harus menghapus aplikasinya. Anda pun dapat menerima pesan yang dikirikan ke akun Anda jika di kemudian hari mengaktifkan kembali aplikasi WhatsApp Anda.

Demikianlah cara menonaktifkan aplikasi WhatsApp di smartphone tanpa harus menguninstallnya. Anda pun dapat mengaktifkan force stop untuk aplikasi selain WhatsApp dengan menggunakan cara yang sama seperti di atas.

Anda hanya perlu mengganti aplikasi WhatsApp dengan aplikasi lain yang ingin dinonaktifkan operasinya pada smartphone Anda.