Cara Hilangkan Pemberitahuan Penggunaan WhatsApp Web di Ponsel
Cara Hilangkan Notifikasi Penggunaan WhatsApp Web di Smartphone (Android Kenya)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp Web menjadi salah satu alternatif yang sering digunakan oleh pengguna WhatsApp untuk mempermudah aktivitas percakapan pesan instan di saat bekerja.

WhatsApp Web pun saat ini dapat menggunakan seluruh fitur yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp di ponsel, sehingga pengguna dapat memakainya dengan mudah.

Namun, jika Anda menggunakan WhatsApp Web akan muncul notifikasi di ponsel Anda yang menunjukkan bahwa ada perangkat yang sedang mengakses WhatsApp Anda, berupa tulisan "WhatsApp Web is currently active".

Pemberitahuan tersebut bertujuan untuk memberi tahu pengguna bahwa ada perangkat lain yang sedang mengakses WhatsApp Anda. Hal itu bertujuan supaya Anda dapat mengetahui apabila ada yang menyalahgunakan akun WhatsApp Anda.

Namun, sayangnya notifikasi tersebut terus muncul selama WhatsApp Web dan komputer atau laptop Anda menyala dan tersambung ke internet, sehingga hal tersebut kadang justru mengganggu aktivitas penggunanya.

Anda pun tidak dapat menghapus notifikasi tersebut meskipun sudah mengklik tombol "Clear Notifikasi" di layar smartphone Anda. Padahal, Anda sudah melakukannya secara berulang-ulang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena notifikasi tersebut dapat dinonaktifkan dengan menekan pemberitahuan tersebut hingga muncul jendela pilihan "Turn Off Notifications".

Akan tetapi, jika Anda sudah melakukannya tetapi jendela tersebut tidak muncul, Anda dapat mengatur smartphone Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disiapkan tim VOI berikut ini.

Cara Nonaktif Pemberitahuan WhatsApp Web di Smartphone

Untuk menonaktifkan ikon "Notifikasi" WhatsApp Web Anda sedang aktif di ponsel, pengguna dapat masuk ke menu pengaturan atau "Setting", dan pilih menu "Notifications & Status Bar".

Selanjutnya, Anda dapat memilih "Manage Notifications", kemudian gulir ke bawah layar hingga pengguna menemukan ikon aplikasi "WhatsApp". Klik ikon tersebut, dan akan muncul jendela baru.

Berikutnya, Anda akan diberikan sejumlah pengaturan notifikasi dari berbagai layanan WhatsApp. Pada menu tersebut, Anda dapat memilih menu "Other Notifications" dan mematikan "Toggle" yang semula berwarna hijau hingga berganti abu-abu atau hitam.

Apabila "Toggle" tersebut sudah dinonaktifkan, maka notifikasi WhatsApp Web tersebut akan hilang dari panel notifikasi di smartphone Anda, sementara notifikasi chat WhatsApp akan tetap masuk ke dalam smartphone Anda.

Dengan demikian, aktivitas pekerjaan Anda pun tidak terganggu. Anda dapat menggunakan WhatsApp Web tanpa ada notifikasi di smartphone Anda, yang kerap mengganggu penggunanya.

Demikianlah cara menonaktifkan notifikasi penggunaan WhatsApp di smartphone yang dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Sebagai tambahan, setiap smartphone memiliki tampilan menu yang berbeda, tetapi secara garis besar Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas.