Cara Mudah Gabung Panggilan Grup di Aplikasi WhatsApp dengan Fitur <i>Joinable Calls</i>
Cara Mudah Gabung Panggilan Grup di Aplikasi WhatsApp dengan Fitur Joinable Calls (MacRumours)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp merilis fitur terbaru bernama Joinable Calls, yang memungkinkan penggunanya untuk ikut bergabung dalam panggilan grup yang ada di dalam kontak Anda. Pengguna pun dapat bergabung dengan panggilan grup yang sedang berlangsung.

Fitur Joinable Calls, sebetulnya sudah ada sejak Juli 2021, tetapi baru diresmikan di pertengahan Oktober ini. Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengakses secara langsung panggilan grup dari obrolan yang sedang dilakukan di grup WhatsApp yang Anda ikuti.

Cara melakukan Joinable Calls pun sangat mudah karena pengguna hanya perlu masuk dalam grup yang sedang melakukan panggilan langsung. Sebelum bergabung, Anda juga dapat mengecek terlebih dahulu apakah panggilan di grup tersebut masih berlangsung.

Berbeda dengan aplikasi Zoom Meeting, atau Google Meeting, yang mengharuskan peserta untuk membuat ruang obrolan terlebih dahulu, fitur panggilan grup di WhatsApp hanya memerlukan kontak yang tersimpan di WhatsApp.

Namun, untuk melakukan panggilan grup tersebut, pengguna harus bergabung terlebih dahulu dengan grup obrolan yang sedang melakukan panggilan grup. Jika Anda tertarik untuk mencoba panggilan grup melalui WhatsApp, tetapi belum tahu cara melakukannya, artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan Joinable Calls.

Berikut ini adalah tutorial yang telah dirangkum tim VOI untuk melakukan panggilan grup melalui fitur Joinable Calls di aplikasi WhatsApp.

Cara Gabung Panggilan Grup di Aplikasi WhatsApp

Untuk bergabung ke panggilan grup di aplikasi WhatsApp, pengguna dapat masuk ke salah satu grup obrolan terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda akan mendapat opsi "Join" di bagian atas aplikasi WhatsApp Anda, apabila grup tersebut sedang melakukan panggilan grup.

Anda pun dapat mengklik ikon "Join" yang ada di aplikasi WhatsApp Anda untuk bergabung dengan panggilan grup. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tertinggal panggilan grup yang sedang berlangsung.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tertinggal dari panggilan grup, karena WhatsApp akan memberikan pemberitahuan apabila salah satu grup yang Anda ikuti sedang melakukan panggilan.

Jika mendapat notifikasi tersebut, pengguna hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp dan klik ikon "Join" apabila ingin bergabung dengan panggilan di grup tersebut.

Dengan panggilan grup di WhatsApp, Anda dapat melakukan rapat atau obrolan lainnya. Fitur tersebut mirip dengan Zoom Meeting, atau Google Meeting, yang berkembang dan banyak digunakan sejak masa pandemi.

Demikianlah cara menggunakan fitur Joinable Calls di aplikasi WhatsApp yang dapat Anda gunakan untuk melakukan panggilan grup di WhatsApp, baik panggilan suara maupun panggilan video.