Aktifkan Verifikasi Dua Faktor Supaya WhatsApp Tidak Mudah Disadap
Cara mengaktifkan verifikasi dua faktor WhatsApp (Forbes)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Anda pernah kesulitan masuk ke aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, atau tiba-tiba ada chat yang asing, padahal Anda tidak pernah melakukan percakapan tersebut. Bisa jadi WhatsApp Anda sedang disadap.

Belakangan banyak kasus pembajakan atau penyadapan WhatsApp oleh orang tidak dikenal. Hal tersebut membuat banyak pengguna yang mengalami kerugian baik secara materil maupun nonmateril.

Oleh karenanya, pengguna harus berhati-hati saat menggunakan WhatsApp, terutama saat menggunakan WhatsApp Web, pastikan Anda log out dari komputer Anda setelah selesai menggunakannya.

Selain itu, Anda dapat mengaktifkan fitur "verifikasi dua faktor" supaya akun WhatsApp Anda lebih aman dari resiko penyadapan. Pasalnya, dengan fitur tersebut Anda akan mendapat pemberitahuan terlebih dahulu ketika ada perangkat baru yang berusaha masuk ke WhatApp Anda.

Di bawah ini, tim VOI telah mempersiapkan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan "verifikasi dua langkah" yang dikutip dari berbagai sumber.

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Faktor

Mengaktifkan verifikasi dua faktor merupakan pilihan bagus untuk dilakukan supaya privasi Anda lebih aman. Pasalnya, pihak WhatsApp akan memberitahu pengguna terlebih dahulu setiap ada perangkat baru yang berusaha mengakses akun Anda.

Adapun pemberitahuan yang dimaksuda adalah WhatsApp akan mengirimkan kode enam angka ke nomor ponsel Anda. Nomor tersebut berbeda dengan kode OTP yang digunakan untuk mamverifikasi akun Anda.

Adapun cara mengaktifkannya adalah klik menu titik tiga yang berada di pojok kanan atas aplikasi Anda. Setelah itu, akan muncul sejumlah kolom menu yang dapay Anda pilih.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, pengguna dapat memilih menu "Setting". Selanjutnya, gulir ke bawah hingga menemukan ikon "Account". Klik menu "Two Step Verification" atau verifikasi dua langkah.

Untuk mengaktifkannya, centang kotak yang tersedia hingga kolom disampingnya berganti jadi "Enable". Selanjutnya, Anda dapat memasukkan kode rahasia yang Anda miliki untuk digunakan mengakses akun WhatsApp Anda.

Jika Anda lupa, atau bingung dengan kode yang harus dimasukkan, Anda dapat klik kolom "lupa kata sandi", kemudian masukkan email yang Anda gunakan untuk nomor WhatsApp Anda.

Selanjutnya, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke email Anda berikut dengan 6 kombinasi nomor yang dapat Anda gunakan sebagai kode rahasia untuk melakukan verifikasi dua langkah.

Dengan demikian fitur verifikasi dua langkah sudah aktif di WhatApp Anda dan bakal membuat akun Anda lebih aman dari ancaman penyadapan.