Foto Rumah Anda Diunggah Orang Lain ke Google Street View, Lakukan Cara Ini untuk Menghapusnya
Foto Rumah Anda Diunggah Orang Lain ke Google Street View, Lakukan Cara Ini untuk Menghapusnya (Modifikasi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google Street View tengah menjadi perbincangan karena dianggap melanggar privasi setelah menampilkan sebuah rumah di aplikasi mereka tanpa izin dari pemilik rumah tersebut.

Hal itu sebenarnya banyak terjadi, tetapi tidak disadari oleh pemilik rumah atau bangunan yang fotonya diunggah ke Google Street View. Namun, Anda dapat memburamkan atau menghapus foto yang digunakan jika dianggap melanggar privasi Anda.

Bahkan, jika rumah Anda dipotret oleh orang lain dan mengunggahnya ke Google, Anda dapat meminta kepada pihak Google untuk menghapusnya dari Street View, dengan membuat laporan melalui aplikasi Google Maps, maupun aplikasi Street View.

Langkah tersebut akan membuat privasi Anda lebih aman, karena foto rumah atau bangunan milik Anda tidak akan ditampilkan di Google Street View lagi. Tapi, perlu diketahui bahwa hal tersebut akan membuat lokasi rumah Anda akan lebih sulit dicari menggunakan Google Maps, karena tidak ada keterangan foto.

Namun, jika Anda sudah yakin untuk menghapus foto rumah Anda dari Google Street View tetapi belum mengetahui cara melakukannya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disiapkan oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Meminta Google Street View Tidak Menampilkan Foto Rumah

Terdapat dua  cara yang dapat Anda tempuh untuk menghapus foto dari Google Street View, yakni menggunakan aplikasi Google Maps, dan aplikasi Street View.

Jika Anda ingin mengajukan penghapusan foto menggunakan aplikasi Google Maps, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi tersebut, dan mencari foto yang dianggap melanggar privasi Anda.

Selanjutnya, foto yang melanggar "Kebijakan Konten Kontribusi Pengguna Maps" tersebut dapat Anda ajukan untuk dihapus. Anda dapat melakukan "Tap" layar di dalam aplikasi untuk menampilkan panel menu.

Kemudian klik ikon "Tiga Garis" atau menu "More/Lainnya" yang berada di pojok kanan atas. Selanjutnya, klik menu "Laporkan Masalah" untuk mengajukan penghapusan foto.

Sementara itu, untuk menghapus foto menggunakan aplikasi Street View, Anda dapat membuka aplikasi Street View, dan cari foto yang ingin dihapus.

Selanjutnya, foto yang dianggap melanggar Kebijakan Konten Kontribusi Pengguna Maps, dapat Anda laporkan dengan klik ikon "More/Lainnya" di pojok kanan atas.

Pilih menu "Laporkan Masalah" dan lengkapi formulir pengajuan penghapusan foto yang telah disediakan oleh Google, selanjutnya klik "Kirim".

Pihak Google akan meninjau laporan Anda, dan akan menghapus foto yang Anda laporkan jika hal tersebut terbukti melanggar privasi Anda.

Demikianlah cara menghapus foto di Google Street View yang diunggah oleh orang lain, tetapi melanggar privasi Anda karena menampilkan rumah atau bangunan milik Anda.