Selamat Ulang Tahun Ke-15 Street View, Ini yang Dibawa Google untuk Perayaannya di Maps!
Google Maps Street View genap berusia 15 tahun. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google Maps Street View genap berusia 15 tahun dan Google menandai perayaan itu dengan meluncurkan fitur dan kamera baru yang akan membawa lebih banyak dunia untuk pengguna

Salah satu fitur yang dibawa adalah citra historis Street View untuk aplikasi iOS dan Android. Pada 2014 lalu, pengguna desktop lebih dahulu dapat menggunakan Street View Google Maps untuk kembali ke masa lalu yang memberikan mereka kemampuan melihat gambar lama dari kota atau rumah mereka.

Saat dalam mode Street View, pengguna dapat mengakses citra historis dengan terlebih dahulu mengetuk di mana saja pada foto untuk melihat informasi tentang lokasi, lalu memilih lihat tanggal lainnya untuk mengakses citra historis lokasi saat ini.

Google mengatakan fitur tersebut dapat menampilkan citra sejak peluncuran Street View pada 2007, meskipun di lokasi yang tersedia pada saat itu masih terbatas, dan kali ini merupakan debutnya di aplikasi seluler.

Street View untuk pengguna seluler pertama kali bakal diluncurkan di New York, Las Vegas, San Francisco, Denver, dan Miami, sehingga tempat-tempat tersebut akan memiliki data historis tertua.

Selain itu, Google juga mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan kamera baru tahun depan untuk menangkap lebih banyak gambar berkualitas tinggi di tempat-tempat yang lebih sulit dijangkau.

"Kamera baru ini mengambil semua kekuatan, resolusi, dan kemampuan pemrosesan yang telah kami bangun ke dalam keseluruhan mobil Street View, dan mengecilkannya menjadi sistem kamera ultra-transportasi yang kira-kira seukuran kucing rumahan," ungkap Google dalam blog resminya yang dikutip Rabu, 25 Mei.

"Tapi tidak seperti kucing rumahan, ia siap dibawa ke pulau-pulau terpencil, ke puncak gunung atau berjalan-jalan di alun-alun kota setempat," imbuhnya.

Kamera baru ini memiliki berat kurang dari 15 pon, yang dapat dikirim ke mana saja, dan dirancang untuk menjadi modular sehingga komponen seperti lidar dapat ditambahkan untuk mengumpulkan citra dengan detail yang lebih bermanfaat, seperti tanda jalur atau lubang.

Lebih lanjut, kamera juga dapat dipasang ke kendaraan apa pun dengan rak atap dan dioperasikan melalui perangkat seluler.

"Anda akan mulai melihat kamera baru kami dalam warna Google yang menyenangkan bersama mobil dan trekker Street View kami yang ikonik tahun depan," kata Google.

Citra Street View juga mendukung Live View, sebuah fitur di mana pengguna dapat menggunakan kamera ponsel untuk melihat panah, petunjuk arah, dan penanda jarak yang ditempatkan tepat di atas dunia nyata.

Peluncuran akhir tahun ini juga membawa Immersive view yang sudah diumumkan beberapa waktu lalu, menggabungkan miliaran Street View dan gambar udara untuk membuat model digital tempat di seluruh dunia.

Immersive view menggunakan kecerdasan buatan dan rendering 3D berkualitas tinggi untuk mensimulasikan data waktu nyata.

Terakhir, Google menambahkan empat koleksi tempat baru seperti Piramida Mero di Sudan, The Duomo di Milan, Les Invalides di Paris dan Sydney Ferries di Australia.

Piramida Meroë memamerkan citra panorama baru dari piramida kuno, sedangkan Duomo memamerkan bagian dalam dan luar katedral terbesar di Italia. Ada tur virtual Les Invalides yang tersedia di Paris, dan Sydney Ferries di Australia akan datang akhir tahun ini bersama dengan tur virtualnya sendiri.