Google Street View Bakal Berhenti Beroperasi Tahun Depan
Aplikasi Google Street View juga dikabarkan akan segera ditutup. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google kerap meluncurkan layanan dan alat baru dengan meriah, tetapi berakhir dengan penutupan. Aplikasi Street View juga dikabarkan akan segera ditutup.

Street View adalah aplikasi khusus bagi mereka yang ingin menyelami dunia foto dan video 360 derajat dari berbagai lokasi di seluruh dunia.

Pengguna dapat berkontribusi di aplikasi ini dengan mengambil dan mengunggah gambar 360 derajat mereka sendiri.

Pertama kali dilaporkan 9to5Google, mereka menemukan pemberitahuan tentang penghentian layanan dalam pembaruan terbaru, versi 2.0.0.484371618 dari aplikasi Street View yang tersedia melalui Google Play Store.

"Aplikasi Street View akan ditiadakan. Aplikasi akan dihentikan dan dukungan akan berakhir pada 21 Maret 2023. Untuk memublikasikan video 360 derajat Anda sendiri, beralihlah ke Street View Studio. Untuk melihat Street View dan menambahkan Photos 360 derajat, gunakan Google Maps," tulis pengumuman itu.

Seperti yang ditunjukkan oleh pesan, aplikasi seluler Street View khusus tersebut akan ditutup pada 21 Maret 2023, tetapi aplikasi web Street View Studio akan terus aktif.

Sementara fungsionalitas Street View hanya akan tersedia melalui Google Maps. Selain itu, data yang tidak terungkap menunjukkan bahwa Photo Paths juga akan hilang.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyumbangkan foto dari area yang jarang dilalui. Sayangnya, pengganti untuk fitur Photo Paths tidak akan tersedia.

Namun, jika ini benar, maka itu akan menjadi akhir yang menyedihkan untuk aplikasi hebat, terutama karena Google baru-baru ini merayakan 15 tahun Street View.

Untungnya, Street View masih tersedia di Google Maps, pemberhentian layanan itu hanya berlaku untuk aplikasi khusus atau aplkiasi mandiri dari Street View tersebut. Demikian dikutip dari XDA Developers, Kamis, 3 November.