Yuk Simak Kumpulan Tips untuk Membuat WhatsApp Jadi Lebih Pribadi dan Aman
Tips membuat WhatsApp lebih pribadi (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun ketika menciptakan WhatsApp, Meta menjamin keamanan penggunanya, namun tidak ada sistem yang aman 100 persen dari ancaman siber, apalagi di zaman serba digital saat ini. 

Maka dari itu, untuk meningkatkan keamanan Anda dalam mengirim pesan di WhatsApp, Meta menyiapkan berbagai opsi yang bisa Anda terapkan agar WhatsApp Anda menjadi lebih aman.

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin Anda butuhkan untuk membuat WhatsApp Anda menjadi lebih pribadi. 

Aktifkan Disappearing Messages

Meskipun WhatsApp mengenkripsi semua obrolan secara default, terkadang Anda juga ingin memastikan bahwa tidak ada salinan percakapan Anda di masa mendatang. Nah, fitur Disappearing Messages ini yang akan memenuhi kebutuhan tersebut. 

Fitur WhatsApp yang satu ini akan memastikan bahwa pesan yang dipertukarkan dihapus secara otomatis untuk semua orang setelah periode tertentu. Dengan demikian, tidak ada yang dapat membaca pesan tersebut, baik Anda ataupun si penerima pesan. 

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Untuk menambah keamanan, Anda dapat menggunakan autentikasi dua faktor (2FA). Ini menambahkan kode sandi berkala ke WhatsApp. Anda dapat mengaktifkan 2FA di WhatsApp, dan di semua platform yang didukung.

Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp memungkinkan Anda membuat kode PIN enam digit yang mudah Anda ingat. Untuk mengurangi kemungkinan lupa kode Anda, WhatsApp memiliki pemeriksaan acak dan berkala untuk kode sandi yang meminta Anda untuk memasukkannya saat membuka aplikasi.

Nyalakan Notifikasi Perubahan Kode Keamanan

Di WhatsApp, Anda dapat memverifikasi apakah obrolan Anda terenkripsi end-to-end menggunakan kode keamanan. Di layar info kontak, Anda dapat melihat kode ini sebagai kode QR atau nomor 60 digit.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan perubahan kode keamanan, buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Keamanan > Tampilkan pemberitahuan keamanan dan alihkan tombol menjadi hijau.

Kunci WhatsApp dengan Sidik Jari atau Face ID

Fitur lainnya yang bisa Anda gunakan meningkatkan privasi pesan WhatsApp Anda adalah mengunci aplikasi dengan sidik jari atau wajah Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses WhatsApp bahkan jika Anda memberikan perangkat Anda kepada orang lain tanpa kunci layar.

Enkripsi Cadangan Cloud

Jadi jika Anda benar-benar peduli dengan privasi Anda, Anda harus mengaktifkan enkripsi end-to-end untuk cadangan WhatsApp Anda.

Di Android, ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih Pengaturan > Obrolan > Pencadangan obrolan > Pencadangan terenkripsi ujung ke ujung > Aktifkan

Anda juga dapat melakukan hal yang sama di iPhone dengan masuk ke Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan > Pencadangan terenkripsi ujung ke ujung > Nyalakan