Lakukan 3 Cara Ini Supaya Ponsel Tidak Cepat Panas Saat Dipakai Bermain Game
Cara Agar Smartphone Tidak Mudah Panas Saat Bermain Game (AndalanElektro)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Di era teknologi yang semakin modern, penggunaan ponsel pintar atau smartphone tidak lagi melulu untuk alat komunikasi. Belakangan pengguna smartphone sering menggunakannya sebagai sarana hiburan dengan bermain game atau menonton video di YouTube.

Menggunakan smartphone untuk bermain game pun semakin populer di tengah pandemi yang membuat orang lebih lama berada di dalam rumah. Tidak jarang dari mereka pun mengisi waktu luang dengan bermain game di smartphone.

Namun, kebiasaan bermain game di smartphone sering menimbulkan masalah pada performa perangkat Anda karena membuat mesin cepat panas. Kondisi itu pun membuat Anda merasa tidak nyaman jika ponsel sudah mulai panas.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara yang dapat digunakan untuk membuat smartphone tidak panas meskipun digunakan untuk bermain game selama berjam-jam. Tim VOI telah mempersiapkan tutorialnya untuk Anda dalam artikel berikut ini.

Pilih Smartphone Bersistem Pendingin Terbaik

Cara pertama adalah menggunakan smartphone dengan sistem pendingin terbaik, atau gunakan smartphone khusus yang digunakan untuk bermain game. Saat ini sudah banyak perusahaan smartphone yang mendesain ponsel khusus untuk para gamers.

Oleh karenanya, jika Anda suka bermain game, sebaiknya upgrade smartphone Anda ke versi yang lebih baru, supaya lebih nyaman untuk bermain game yang Anda suka.

Penggunaan smartphone khusus gamers pun dapat membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan. Pasalnya, smartphone khusus untuk gamers biasanya memiliki fitur-fitur yang dibuat secara khusus oleh pembuat ponsel.

Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Ketika Anda bermain game, hampir 100% kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi yang Anda mainkan. Biasanya, aplikasi lain seperti browser akan tetap berjalan dan sering menghambat performa game Anda.

Oleh karenanya, Anda perlu memeriksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan. Perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM (Random Access Memory). Matikan aplikasi tidak penting selain gim yang Anda mainkan supaya ada banyak kapasitas RAM yang tersisa.

Bersihkan Ruang Simpan

Cara selanjutnya untuk membuat performa smartphone kamu tetap stabil saat bermain game adalah menghapus ruang penyimpanan. Hal ini penting supaya karena dapat menguras kapasitas RAM yang ada di ponsel Anda.

Menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai akan membuat smartphone Anda lebih aman. Anda dapat menggunakan fitur "Clean Storage" di menu "Settings".

Anda juga dapat menghapus foto, video, cache, audio, dan dokumen yang tidak terpakai di smartphone Anda atau pindahkan ke SD Card.