Begini Cara Meningkatkan Performa Gim di Ponsel Android Anda
Delapan tips mudah ini menunjukkan cara mengoptimalkan ponsel Android Anda agar lebih ramah gim (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda adalah seorang pecinta gim seluler sejak lama, Anda harus memastikan ponsel Anda cukup kompatibel untuk gim tersebut. Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengubah beberapa opsi di ponsel Android Anda untuk membuat gim berjalan lebih lancar?

Anda bahkan tidak memerlukan akses root untuk sebagian besar kiat mengoptimalkan gim untuk Android ini. Mari kita lihat beberapa cara terbaik yang akan VOI berikan untuk membuat ponsel Android Anda lebih ramah gim, melansir dari Makeuseof.

Ubah Tingkat Penyegaran Layar

Semakin tinggi kecepatan refresh layar, semakin baik nuansa visual yang Anda dapatkan dari gim Anda, dengan animasi yang jauh lebih halus. Beralih ke kecepatan refresh layar yang tinggi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kinerja gim di Android tanpa root.

Pada beberapa ponsel yang mendukung fitur ini, berikut cara meningkatkan kecepatan refresh:

  1. Luncurkan Pengaturan di ponsel Anda dan ketuk Tampilan.
  2. Pilih Lanjutan pada layar yang dihasilkan.
  3. Ketuk Tingkat penyegaran.
  4. Pilih kecepatan refresh setinggi mungkin dari opsi di layar Anda.

Karena ada rasa Android yang berbeda, langkah-langkah yang tepat akan bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Periksa model ponsel Anda secara online jika Anda tidak dapat menemukan opsi dan yakin perangkat Anda memiliki kecepatan refresh tampilan yang tinggi.

Beralih ke Koneksi Internet Cepat

Jika Anda memainkan game online di ponsel Android Anda, kecepatan koneksi internet Anda memengaruhi kinerja gim Anda. Ini karena gim Anda harus terus-menerus mengirim dan menerima data.

Oleh karena itu, untuk memastikan gim online Anda bermain dengan lancar dan bebas lag seperti gim offline Anda, pertimbangkan untuk menggunakan koneksi internet yang cepat saat Anda memainkan game Anda.

Anda dapat menggunakan koneksi apa pun yang cukup cepat. Itu bisa berupa koneksi Wi-Fi atau bahkan koneksi data seluler, terutama jika Anda memiliki akses ke 5G.

Nyalakan Force 4x

Force 4x MSAA (multisample anti-aliasing) adalah opsi yang ditemukan di beberapa ponsel Android yang sangat meningkatkan kualitas gim Anda. Sejauh ini pengaturan opsi Pengembang terbaik untuk meningkatkan kinerja gim di Android.

Force 4x MSAA meningkatkan kinerja dan grafis Anda di aplikasi dan gim OpenGL 2.0.

Fitur ini dinonaktifkan pada sebagian besar ponsel karena menguras baterai dengan cukup cepat. Jika Anda tidak terlalu mengkhawatirkan masa pakai baterai dan menginginkan pengalaman bermain game terbaik di ponsel, Anda dapat mengaktifkan fitur ini.

Perlu diingat tidak semua ponsel di luar sana mendukung Force 4x. Jika milik Anda, berikut cara mengaktifkannya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan, ketuk Tentang ponsel, dan ketuk Bangun nomor tujuh kali. Ponsel Anda seharusnya mengatakan bahwa Anda adalah seorang pengembang.
  2. Kembali ke menu pengaturan utama dan ketuk Sistem.
  3. Ketuk Opsi pengembang.
  4. Temukan opsi yang mengatakan Force 4x MSAA dan aktifkan.

Jika langkah-langkah ini tidak berhasil untuk Anda, cari Force 4x dengan cepat menggunakan bilah pencarian teratas di aplikasi Pengaturan. Ingat, opsi Pengembang harus diaktifkan terlebih dahulu.

Hapus Sampah dari Ponsel Anda

Semakin banyak file yang Anda simpan di ponsel, semakin lambat ponsel Anda. Peningkatan kinerja ini akan secara positif memengaruhi sesi permainan Anda.

Anda sebenarnya dapat menggunakan fitur bawaan di banyak ponsel Android untuk menemukan file yang tidak digunakan dan menghapusnya dengan aman dari ponsel. Inilah cara Anda menemukan dan menggunakan fitur ini:

  1. Akses Pengaturan di ponsel Anda, dan ketuk Penyimpanan.
  2. Ketuk tombol Kosongkan Ruang.
  3. Pilih item yang tidak Anda gunakan lagi, dan ketuk Kosongkan di kanan bawah.

Aktifkan Suara Dolby Atmos

Suara Dolby Atmos sangat meningkatkan kualitas audio gim Anda. Jika Anda memiliki ponsel Android yang mendukung ini, Anda dapat mengaktifkan fitur ini dan menikmati kualitas suara yang lebih baik di game Anda.

Sebagian besar ponsel Samsung Galaxy memiliki fitur ini, dan Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya dari menu Pengaturan. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda, dan ketuk Suara dan getaran.
  2. Ketuk Kualitas dan efek suara pada layar berikut.
  3. Nyalakan Dolby Atmos.
  4. Gunakan Aplikasi Game Booster

Dengan semakin banyak orang bermain gim di ponsel Android mereka, kini ada aplikasi untuk mengoptimalkan perangkat Android Anda untuk bermain gim.

Aplikasi penguat permainan ini mengubah berbagai opsi di ponsel Anda untuk memastikan ponsel Anda dapat memainkan game dengan lancar, dan mereka juga akan mematikan notifikasi, sehingga Anda tidak terganggu saat bermain. Anda tidak perlu mengoptimalkan setiap opsi secara manual karena aplikasi melakukannya untuk Anda dengan satu ketukan.

Gunakan Aksesori Gim Ponsel

Selain perangkat lunak, Anda dapat membuat perubahan pada perangkat keras Anda untuk meningkatkan permainan di perangkat Android Anda. Misalnya, pengontrol game eksternal untuk memainkan gim di ponsel Anda.

Pengontrol ini akan membantu Anda mengontrol gerakan Anda dengan lebih baik dalam gim Anda. Sebagian besar item aksesori game ini mudah dipasang. Anda cukup mencolokkannya ke telepon Anda, dan mereka mulai bekerja.

Overclock CPU Telepon

Akhirnya, sesuatu yang lebih praktis untuk penggemar gim seluler sejati. Overclocking CPU ponsel Anda memungkinkan Anda mengekstrak lebih banyak daya dari prosesor yang sama. Ini memungkinkan gim Anda memproses lebih banyak item sekaligus, dan ini menghasilkan lingkungan gim yang lebih baik.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus melakukan root pada ponsel Anda sebelum dapat melakukan overclock. Jika Anda tidak yakin apa itu root, mungkin sebaiknya Anda tidak melakukan ini atau Anda berisiko merusak perangkat Anda.

Untuk melakukan overclock pada ponsel Android, Anda harus menginstal kernel khusus terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Franco Kernel Manager yang populer untuk meng-overclock CPU Anda.

Overclocking akan membuat ponsel Anda bekerja lebih panas dan mempersingkat masa pakai baterai Anda, tetapi itu dapat memeras setiap tetes daya dari perangkat Anda.