Cara Meningkatkan Performa Gim di Ponsel Android Anda
Cara meningkatkan performa gim di ponsel Anda (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Permainan gim di ponsel menjadi salah satu permainan favorit di kalangan masyarakat saat ini, karena sangat praktis dan kebanyakan gim adalah gratis. 

Permain yang biasa dimainkan melalui ponsel adalah seperti PUBG Mobile, Mobile Legend, dan masih banyak lagi. 

Namun, untuk bermain di ponsel, Anda harus memastikan dulu sebelumnya bahwa ponsel Anda memadai, jika tidak, bisa jadi permainan Anda malah tidak nyaman. Seperti gambar patah-patah, ponsel cepat panas, atau juga nge-bug. 

Untuk meningkatkan performa gim di ponsel Anda, VOI sudah merangkum beberapa tips yang dapat Anda coba. 

Ubah Tingkat Penyegaran Layar

Yang pertama adalah ubah tingkat penyegaran layar. Semakin tinggi kecepatan refresh layar, semakin baik nuansa visual yang Anda dapatkan dari gim Anda. Untuk itu, beralih ke kecepatan refresh layar yang tinggi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kinerja gim di Android tanpa root.

Banyak perangkat Android yang memungkinkan Anda mengubah kecepatan refresh layar. Pada ponsel yang mendukung fitur ini, berikut cara meningkatkan kecepatan refresh:

  1. Luncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel Anda dan ketuk Tampilan
  2. Pilih Lanjutan pada layar yang dihasilkan.
  3. Ketuk Tingkat penyegaran
  4. Pilih kecepatan refresh setinggi mungkin dari opsi di layar Anda.

Beralih ke Koneksi Internet Cepat

Jika Anda bermain gim online, tentunya koneksi internet menjadi syarat sakral sebelum bermain. Ini karena gim Anda harus terus-menerus mengirim dan menerima data. Jika koneksi internet Anda buruk, transfer data ini membutuhkan waktu lebih lama. Pada gilirannya, pengalaman bermain gim Anda dimanjakan.

Nyalakan Force 4x

Force 4x MSAA (multisample anti-aliasing) adalah opsi yang ditemukan di beberapa ponsel Android yang sangat meningkatkan kualitas gim Anda. Sejauh ini, merupakan pengaturan opsi Pengembang terbaik untuk meningkatkan kinerja gim di Android.

Force 4x MSAA meningkatkan kinerja dan grafis Anda di aplikasi dan game OpenGL 2.0. Fitur ini dinonaktifkan pada sebagian besar ponsel karena menguras baterai dengan cukup cepat. Jika ponsel Anda ada Force 4x, berikut cara mengaktifkannya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Klik Tentang ponsel, dan ketuk Bangun nomor tujuh kali. Ponsel Anda seharusnya mengatakan bahwa Anda adalah seorang pengembang.
  3. Kembali ke menu pengaturan utama dan ketuk Sistem
  4. Ketuk Opsi pengembang .
  5. Temukan opsi yang mengatakan Force 4x MSAA dan aktifkan.

Hapus Sampah Dari Ponsel Anda

Fitur penghapus sampah dari ponsel Anda seharusnya sudah tersedia secara otomatis menjadi fitur bawaan. Untuk menghapus sampah dari ponsel Anda, begini caranya:

  1. Akses Pengaturan di ponsel Anda, dan ketuk Penyimpanan
  2. Ketuk tombol Kosongkan Ruang. 
  3. Pilih item yang tidak Anda gunakan lagi, dan ketuk Kosongkan di kanan bawah.

Gunakan Aplikasi Gim Booster

Dengan semakin banyaknya pemain gim di ponsel Android mereka, kini ada aplikasi untuk mengoptimalkan perangkat Android Anda untuk bermain gim. Aplikasi penguat permainan ini mengubah berbagai opsi di ponsel Anda untuk memastikan ponsel Anda dapat memainkan gim dengan lancar. 

Selain itu, aplikasi ini juga akan mematikan notifikasi, sehingga Anda tidak merasa terganggu saat bermain. Sudah banyak aplikasi gim Booster yang bisa Anda dapatkan di play store.