6 Chipset Terbaik utnuk Bermain Gim, <i>Support</i> Gim Berat dengan Grafis Tinggi
Chipset terbaik untuk bermain game (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Chipset merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang performa smartphone. Bagi pecinta gaming, chipset menjadi pertimbangan saat membeli ponsel supaya bisa menjalankan gim dengan lancar dan maksimal. Lantas apa chipset terbaik untuk bermain gim di hp?

Tidak semua ponsel cocok untuk digunakan memainkan game berat. Apabila Anda sering memakai ponsel untuk bermain game, pastikan memilih hp yang didukung dengan chipset mumpuni. Chipset merupakan sebuah chip yang di dalamnya terdapat komponen utama ponsel, seperti CPU, grafis GPU, RAM, Image Processor, Digital Signal Processor, dan lainnya. 

Apabila chipset tidak cocok untuk gaming, maka ponsel akan kewalahan atau berat untuk menjalankan gaming. Misalnya terjadi ngelag di tengah permainan, ponsel cepat panas, dan lainnya. Ada beberapa chipset terbaik untuk bermain game yang bisa Anda pilih. 

Chipset Terbaik untuk Bermain Game

Setiap ponsel dibekali dengan chipset yang berbeda-beda dan memiliki kelebihannya masing-masing. Tidak semua chipset dapat mendukung pengopeasian game di ponsel, khususnya gim-gim berat seperti ARK, PUBG, Call of Duty, dan sebagainya. 

Oleh karena itu pastikan Anda memilih ponsel yang memiliki chipset mumpuni. Bagi Anda yang hobi main game online, berikut ini beberapa chipset terbaik untuk bermain game yang perlu Anda tahu. 

Qualcomm Snapdragon 888

Salah satu chipset terbaik yang menunjang kebutuhan menjalankan game berat adalah Qualcomm Snapdragon 888. Chipset ini dirancang untuk memfasilitasi pengalaman luar biasa bagi para gamer atau pemain game online.

Snapdragon 888 mengusung dua fitur baru yaitu Variable Rate Shading (VRS) dan Game Quick Touch (GQT). Kedua fitur tersebut dapat mengolah grafis secara optimal dan membuat smartphone lebih responsif terhadap sentuhan. Selain itu, VRS juga bisa menentukan grafis mana yang perlu ditajamkan dan grafis yang tidak membutuhkan detail lebih banyak. 

Exynos 2100

Rekomendasi chipset selanjutnya yang bakal mendukung aktivitas Anda bermain game dari ponsel adalah Exynos 2100. Chipset ini dipasangkan dalam ponsel Samsung seri Galaxy S21. Exynos 2100 dirancang dengan proses fabrikasi EUV 5 nm sehingga disebut sebagai salah satu chipset terbaik dalam menjalankan game berat. 

Chipset Exynos 2100 sangat handal dalam mengoperasikan game-game berat dengan frame rate tertinggi. Chipset ini juga didukung dengan prosesor gambar yang maksimal untuk resolusi mencapai 200 MP.

Snapdragon 780G

Chipset lain yang juga mampu untuk menjalankan game-game berat adalah Snapdragon 780G, yang mana ini SoC terkuat dari seri Snapdragon 700. Chipset ini dirancang dengan fabrikasi 5 nm untuk meningkatkan performa CPU 40 persen lebih cepat.

Chipset ini juga telah dibekali dengan WiFi 6E, Quick Charge 4+ untuk pengisian daya cepat, dan Bluetooth 5.2. Selain itu, chipset ini juga mendukung driver yang bisa diupdate. 

MediaTek Dimensity 1200

MediaTek Dimensity 1200 juga bisa jadi chipset terbaik pilihan para gamer. Chipset ini dirancang dengan fabrikasi 6 nm dan menawarkan performa yang sangat optimal. Chipset ini dibekali dengan HyperEngine 3.0 gaming engine dengan ray tracing yang mendukung untuk menjalankan gim berat. 

Dengan didukung oleh chipset ini, permainan gim menjadi lebih seru dan imersif, serta adanya fitur Ultra Save yang dapat menghemat penggunaan baterai ponsel. 

Apple A15 Bionic

Chipset terbaik lainnya yang cocok untuk bermain game adalah Apple A15 Bionic. Chipset keluaran Apple ini menggunakan custom graphic processor yang 30 lebih cepat dari chipset Apple lainnya. Chipset ini didukung dengan enam prosesor inti, yaitu dua inti untuk mengoptimalkan performa atau Firestorm dan empat inti untuk memaksimalkan Icestorm atau penggunaan daya. 

Qualcomm Snapdragon 870

Qualcomm Snapdragon 870 juga menjadi chipset yang bisa diandalkan untuk bermain game. Chipset ini dihadirkan pada ponsel POCO F3 yang dikenal sebagai salah satu ponsel gaming terbaik. Chipset ini dibekali dengan prosesor yang sanggup menjalankan game berat dengan setting dan FPS tinggi. 

Demikianlah beberapa chipset terbaik untuk bermain game yang bisa Anda pilih saat membeli ponsel. Penggunaan ponsel untuk bermain gim harus didukung dengan chipset yang mumpuni supaya permainan berjalan lancar dan optimal. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan berita nasional maupun internasional terupdate dan lengkap.