Urutan Chipset Mediatek G Series yang Terpasang di <i>Smartphone</i>, Seri Mana yang Paling Cepat?
Ilustrasi chipset MediaTek (foto: twitter @MediaTek)

Bagikan:

YOGYAKARTA – MediaTek merupakan salah satu penyedia chipset terbesar di dunia. Perusahaan ini menguasai sebanyak 35 persen pangsa pasar chipset pada kuartal-III (Q3) 2022. MediaTek menawarkan prosesor dengan peforma yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan untuk bermain gim dan pekerjaan multitasking.

Salah satu produk MediaTek yang kerap digunakan pada smartphone adalah chipset MediaTek Helio G Series. Prosesor ini sering dijejalkan pada ponsel mid-range yang dijual di pasaran.

Pada artikel kali ini, VOI akan mengulas urutan chipset MediaTek Helio G Series yang digunakan pada pada ponsel pintar. Pengguna yang menginginkan prosesor dengan peforma tinggi perlu mengetahui informasi ini.

Urutan Chipset MediaTek Helio G Series

Disadur dari laman resmi MediaTek, berikut urutan chipset MediaTek Helio G Series dari yang terbaru hingga terlama:

  1. MediaTek Helio G99
Tampilan Chipset MediaTek Helio G99
Tampilan Chipset MediaTek Helio G99 (foto: MediaTek)

MediaTek Helio G99 adalah chipset yang dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM big.LITTLE dan terdiri dari 2x ARM Cortex-A76 berkecepatan hingga 2,2GHz dan 6x ARM Cortex-A55 hingga 2,0GHz.

Untuk menunjang kemampuan grafisnya, chipset Helio G99 dibekali dengan GPU ARM Mali-G57 MC2, serta didukung resolusi kayar hingga 2520x180 piksel dengan refresh rate hingga 120 Hz.

  1. MediaTek Helio G96

Chipset yang dirilis pada 2019 ini dibekali teknologi HyperEngin 2.0 dengan delapan core dan dua CPU ARM Cortex A-76.

Chipset MediaTek Helio G96 sudah terintegrasi dengan modem Cat-13 4G LTE World Mode, Networking Engine, hingga Resource Management Engine.

  1. MediaTek Helio G95

Ini adalah chipset yang dijejalkan pada smartphone gaming 4G premium. MediaTek mendukungna dengan berbagai fitur tweak.

Peforma yang ditawarkan chipset ini layak diacungi jempol, mengingat harganya yang terjangkau.

  1. MediaTek Helio G90 dan G 90T

MediaTek Helio G90 dan G 90T adalah chipset yang dirancang khusus untuk ponsel gaming. Prosesor ini mempunyai rangkaian solusi hardware dan software yang menghasilkan pengalaman bermain gim terbaik.

Smartphone yang dibekali dengan prosesor ini, memiliki layar yang super cepat dan responsif, serta lebih sedikit lag.

  1. MediaTek Helio G88

Ini adalah chipset yang dikembangan berdasarkan dua buah ARM Cortex-A75 berkecepatan hingga 2,0GHz.

MediaTek Helio G88 terdiri dari enam ARM Cortext-A55 hingga 1,8GHz dengan pengolah grafis ARM Mali-G52 MC2. Chipset ini mampu menghadirkan peforma yang stabil ketika pengguna memainkan gim berat seperti PUBG atau Mobile Legends.

  1. MediaTek Helio G85

Diluncurkan pada Mei 2020, Chipset MediaTek Helio G85 memiliki ukuran semikonduktor 12nm, kecepatan CPU sebesar 2 x 2GHz & 6 x 1.8GHz, dan kecepatan RAM sebesar 1800MHz.

  1. MediaTek Helio G80

MediaTek Helio G80 mengusung teknologi HyperEngine. Chipset ini mampu memberikan pengalaman bermain gim yang maksimal dan tentunya konektivitasnya lebih baik dari seri sebelumnya, yakni MediaTek Helio G70.

  1. MediaTek Helio G70

MediaTek G70 merupakan chipset yang sudah terintegrasi dengan GPU Mali-G52 yang memiliki kecepatan 820 MHz. Chipset ini dirancang dengan fabrikasi 12 nm dan mempunyai core 4 x Cortex-A75 dengan clock speed 2 GHz dan 4 x Cortex-A55 dan speed 1,7 GHz.

  1. MediaTek Helio G37

Mediatek Helio G37 memiliki teknologi gaming HyperEngin 2.0 Lite dan dibekali dengan kamera ganda yang luar biasa, serta konektivitas 4G. Chipset ini membuat tampilan ponsel gaming entry level lebih cepat.

Demikian informasi tentang urutan chipset MediaTek G Series pada smartphone. Semoga bermanfaat!