Kepolisian China Latih Tupai Eurasia untuk Mendeteksi Narkoba Ilegal
Polisi China telah merekrut skuad pertama tupai pencium narkoba mereka. (foto: chongqing morning post)

Bagikan:

JAKARTA - Secara tradisional, pekerjaan mencium narkoba ilegal selalu dilakukan oleh anjing dari 300 juta reseptor hidung mereka. Namun, kemungkinan tidak lama lagi kita akan melihat makhluk yang berbeda berlarian di sekitar bandara. Pasalnya  polisi China telah merekrut skuad pertama tupai pencium narkoba mereka.

Enam tupai merah Eurasia telah "berhasil dilatih" untuk pekerjaan tersebut oleh Biro Keamanan Publik Distrik Hechuan di Chongqing, China barat daya. Meskipun mereka sama efisien dalam mendeteksi zat-zat terlarang, ukuran kecil mereka memungkinkan mereka mencari tempat yang tidak dapat dicapai oleh anjing.

Termasuk menyelusuri tempat penyimpanan yang dipadatkan di gudang atau parcel di pusat distribusi, serta yang berada di tempat yang tinggi. Tupai-tupai ini dilatih untuk menggaruk ketika mereka mendeteksi narkoba oleh Brigade Anjing Polisi, menggunakan teknologi yang biasanya digunakan untuk melatih anjing.

Video yang diposting oleh outlet media China, People's Daily, menunjukkan tupai-tupai tersebut berlari-lari kecil di antara objek-objek untuk mencium sebagai bagian dari latihan laboratorium. Pelatih anjing polisi Yin Jin mengatakan kepada Chongqing Morning Post bahwa butuh bertahun-tahun untuk membawa tupai-tupai ini pada tingkat kemampuan ini, tetapi mereka sedang melakukan pekerjaan yang "sangat baik".

"Indra penciuman tupai cukup sensitif," katanya kepada media negara. "Hanya saja teknologi kita dalam melatih hewan pengerat belum cukup matang sebelumnya."

Pelatihan mereka adalah bagian dari proyek penelitian nasional untuk membawa unit hewan anti-narkoba baru, termasuk tikus. Meskipun berhasil, Jin mengatakan kepada The Washington Post bahwa "mungkin akan memakan waktu beberapa saat" sebelum tupai pencium narkoba diterjunkan.

Ini bukanlah hewan pertama yang menggunakan hidung mereka untuk pelayanan publik, karena tikus pendeteksi bom telah melakukannya selama lebih dari satu dekade. Tahun lalu, Malaga - tikus pendeteksi ranjau yang dianugerahi George Cross versi hewan - meninggal setelah mengabdi selama lima tahun dengan organisasi amal Belgia APOPO.

Pernyataan dari APOPO mengatakan: "Selama kariernya, Magawa menemukan lebih dari 100 ranjau darat dan bahan peledak lainnya, menjadikannya HeroRAT paling berhasil di APOPO hingga saat ini. Kontribusinya memungkinkan masyarakat di Kamboja untuk hidup, bekerja, dan bermain tanpa takut kehilangan nyawa atau anggota badan."

Organisasi amal tersebut, yang berbasis di Tanzania, merekrut tikus merah raksasa Afrika untuk pekerjaan itu karena mereka terlalu ringan untuk meledakkan ranjau darat jika mereka melintasinya.

Tikus-tikus tersebut diajarkan untuk mengenali bau bahan peledak dengan mengasosiasikannya dengan suara klik dan mendapatkan imbalan makanan.

Saat mendekati telur teh yang mengandung bau bahan peledak TNT, mereka menggaruk-garuk telur tersebut dan mendengar suara klik. Mereka kemudian diberikan makanan sebagai penghargaan. Pelatihan tersebut membuat mereka bisa membedakan telur teh yang mengandung TNT dengan telur biasa.

Dalam pelatihan tersebut, tikus-tikus raksasa Afrika yang memiliki ukuran yang ringan ini sangat cepat dan efektif dalam mendeteksi bahan peledak, bahkan lebih cepat daripada detektor logam. Kini, program ini telah membantu mengurangi ancaman dari ranjau darat di sejumlah negara, termasuk Kamboja.