Samsung Diklaim Akan Bawa ChatGPT ke dalam Ponsel Cerdasnya
Samsung bekerja sama dengan perusahaan IT global untuk mengembangkan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). (foto: dok. samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung diklaim akan bekerja sama dengan perusahaan Information Technology (IT) global untuk mengembangkan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) baru, seperti ChatGPT untuk ponsel cerdasnya.

CEO Samsung Electronics TM Roh menyatakan, layanan AI interaktif berskala besar akan mempromosikan pengembangan teknologi seluler, mengutip chatbot ChatGPT canggih sebagai contoh.

"Pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam ChatGPT menunjukkan inovasi. Model bahasa akan membuka jalan bagi Samsung untuk berkembang lebih jauh," ungkap Roh saat konferensi pers minggu lalu di Malaysia.

ChatGPT merupakan chatbot AI tingkat lanjut yang dibesut oleh startup OpenAI, menggunakan model bahasa Generative Pre-trained Transformer (GPT) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah dengan cara percakapan yang alami seperti manusia.

Samsung, dikatakan Roh memiliki pusat penelitian dan pengembangan yang berfokus pada pengembangan AI dan terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk menemukan teknologi AI yang lebih baik di masa depan.

Bahkan, Roh juga menyebut sederet perusahaan teknologi itu, seperti Microsoft, Google, Amazon dan Meta sebagai mitra bisnis potensial Samsung terkait pengembangan AI.

Mengutip The Investor, Kamis, 16 Februari, menurut Roh, kalangan industri di seluruh dunia sangat memerhatikan apakah ponsel cerdas dengan AI skala besar akan segera keluar.

Samsung juga telah lama menjadi pemain di pasar AI dengan memperkenalkan Bixby pada 2017 lalu. Bixby digambarkan berbeda secara fundamental dari asisten AI lainnya seperti Siri milik Apple dan Cortana yang dibesut Microsoft.

Sebab, integrasi Bixby lebih dalam dan bernuansa ke dalam aplikasi inti Galaxy. Bahkan, Samsung mengakuisisi startup Korea Selatan, Fluently untuk memperkuat keterampilan percakapan Bixby.

Pernyataan Roh diperkuat juga dengan sumber anonim dari Samsung, yang mengungkapkan perusahaan terbuka untuk jalin kerja sama pada berbagai perusahaan global untuk pengembangan AI-nya.

Sebagai informasi, Samsung bukan satu-satunya raksasa teknologi yang menaruh minat pada teknologi seperti ChatGPT, adapun Google yang belum lama ini meluncurkan Bard, dan Microsoft yang membawa teknologi itu ke dalam mesin pencariannya Bing.