Bagikan:

JAKARTA - Samsung bergabung dalam perlombaan Kecerdasan Buatan (AI) generatif dengan mengembangkan platform persis seperti ChatGPT.

Menggandeng Naver Corp, AI generatif Samsung bukan menjadi konsumsi publik seperti ChatGPT, melainkan khusus dibuat untuk karyawannya atau pengguna korporat.

Naver Corp merupakan mesin pencari teratas di Korea Selatan. Dengan kemitraan ini, mereka akan menerima data terkait semikonduktor dari Samsung untuk membuat AI generatif, yang kemudian akan ditingkatkan lebih lanjut oleh raksasa teknologi itu.

Menurut sumber yang mengetahui informasi, alat AI generatif tersebut akan diungkap keduanya menjelang akhir tahun ini atau tepatnya pada Oktober 2023.

Nantinya, alat AI generatif yang belum diungkapkan julukannya tersebut akan tersedia lebih dahulu dalam bahasa Korea.

Tentu saja, akan diuji coba pada divisi Device Solutions (DS) Samsung, yang mencakup bisnis semikonduktornya. Kemudian, perusahaan berencana untuk memperluas alat AI-nya ke divisi bisnis lainnya.

Diklaim termasuk divisi Device eXperience (DX), yang mengawasi bisnis ponsel pintar dan peralatan rumah perusahaan, seperti dikutip dari Korean Economic Daily, Selasa, 16 Mei.

Lebih lanjut, karena AI generatif itu tidak akan meninggalkan server Samsung dan akan eksklusif untuk karyawannya, mungkin dirancang untuk membantu perusahaan lebih baik daripada yang bisa dilakukan ChatGPT. Dan tentu saja, tanpa khawatir kode sumber terkait semikonduktor bocor ke ruang cloud publik.

Melihat langkah Samsung, ini menandakan perusahaan enggan menggunakan alat AI seperti ChatGPT lagi.

Pasalnya belum lama ini informasi terkait semikonduktor sensitif perusahaan bocor melalui chatbot besutan OpenAI itu ketika beberapa karyawan mencoba menggunakan alat tersebut untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Namun, tanpa disadari informasi dan blok kode yang mereka bagikan dengan AI generatif akan menjadi bagian dari ChatGPT dan disimpan di server jarak jauh di luar genggaman Samsung. Sejak saat itu, Samsung melarang penggunaan ChatGPT di lingkungan perusahaan.