Pendekatan Keras Departemen Kehakiman AS terhadap Hacker dan Eksploiter DeFi
Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) sedang mengintensifkan penindakan terhadap peretas dan pengeksploitasi Decentralized Finance (DeFi). (foto: twitter @DOJPH)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Pusat Penegakan Cryptocurrency Nasional Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) sedang mengintensifkan penindakan terhadap peretas dan pengeksploitasi Decentralized Finance (DeFi) di tengah peningkatan aktivitas kripto ilegal selama empat tahun terakhir.

Dalam laporan Financial Times yang diterbitkan pada tanggal 15 Mei, Eun Young Choi, direktur National Cryptocurrency Enforcement Team (NCET) Departemen Kehakiman, menyatakan bahwa departemen tersebut sedang berfokus pada pencurian dan peretasan yang melibatkan DeFi, khususnya "chain bridges".

Choi mengatakan bahwa ini merupakan "masalah yang cukup signifikan" bagi DOJ, mengingat "peretas yang didukung oleh negara" Korea Utara telah muncul sebagai "pelaku utama dalam ruang ini".

Peretas Korea Utara mencuri antara 630 juta dolar AS (Rp9,3 triliun) hingga 1 miliar dolar AS (Rp14,7 triliun)  aset kripto pada tahun 2022, seperti yang dilaporkan oleh Cointelegraph pada bulan Februari.

DOJ mengumumkan Choi sebagai direktur NCET pertama pada bulan Februari 2022. Choi adalah seorang jaksa dengan pengalaman hampir satu dekade di lembaga tersebut.

Pada saat itu, pernyataan dari departemen tersebut menjelaskan bahwa NCET akan menjadi "titik fokus" DOJ dalam menangani mata uang kripto, kejahatan siber, pencucian uang, dan penyitaan. Meskipun DOJ menekankan bahwa "layanan pencampuran dan pengocokan" akan menjadi fokus khusus bagi lembaga tersebut, pada saat itu tidak disebutkan apa pun tentang platform DeFi.

Choi, yang baru-baru ini berbicara di Financial Times Crypto and Digital Assets Summit, memastikan bahwa DOJ sedang menargetkan perusahaan kripto yang melakukan kejahatan atau pura-pura tidak mengetahui "untuk menyembunyikan jejak transaksi".  

"DOJ menargetkan perusahaan yang melakukan kejahatan atau membiarkannya terjadi, seperti memfasilitasi pencucian uang," kata Choi.

Dia menjelaskan bahwa menindak sumbernya - platform itu sendiri - akan memiliki "efek pengganda" dalam hal membuat sulit bagi "pelaku kriminal untuk dengan mudah meraup keuntungan dari kejahatan mereka."

Choi juga menekankan bahwa "skala dan cakupan aset digital yang digunakan dengan berbagai cara ilegal" telah berkembang pesat dalam empat tahun terakhir. Platform DeFi juga telah mengalami serangkaian serangan akhir-akhir ini.

Serangan DeFi terbesar sejauh ini dilaporkan pada tanggal 13 Maret, di mana Euler Finance menghadapi serangan pinjaman kilat dengan total lebih dari 196 juta dolar AS (Rp2,8 triliun) dalam Dai (DAI), USD Coin (USDC), staked Ether (stETH), dan Wrapped Bitcoin (WBTC) dicuri.

Sementara itu, pada bulan November 2022, platform perdagangan DeFi Mango Markets mengalami pengeksploitasi yang diduga memanfaatkan likuiditas rendahnya untuk "menguras dana".

Peretas tersebut mendepositokan 5 juta dolar AS (Rp73,9 miliar)uang mereka sendiri ke platform tersebut, meningkatkan harga token asli Mango (MNGO) dari 0,03 menjadi 0,91 dolar AS dan meningkatkan kepemilikan MNGO mereka menjadi  423 juta dolar AS (Rp6,2 triliun).

Dari situ, pengeksploitasi berhasil mendapatkan pinjaman sebesar 116 juta dolar AS (Rp1,7 triliun) dengan menggunakan beberapa token di platform tersebut, termasuk Bitcoin (BTC), Solana (SOL), dan Serum (SRM), yang menghabiskan seluruh likuiditas Mango Markets.