UE Setujui Kesepakatan Awal untuk Mengatur Penggunaan Teknologi AI, Termasuk ChatGPT
Svenja Hahn, wakil Parlemen Eropa, tetapkan hak cipta di teknologi AI. (foto: https://www.svenja-hahn.eu/)

Bagikan:

JAKARTA - Kesepakatan awal di Uni Eropa menetapkan bahwa perusahaan yang menggunakan alat AI generatif, seperti ChatGPT, harus mengungkapkan setiap materi berhak cipta yang digunakan untuk mengembangkan sistem mereka. Kesepakatan ini dapat membuka jalan bagi undang-undang komprehensif pertama di dunia yang mengatur teknologi tersebut.

Komisi Eropa mulai menyusun AI Act hampir dua tahun lalu untuk mengatur teknologi yang sedang berkembang pesat ini, yang mengalami ledakan investasi dan popularitas setelah rilis chatbot ChatGPT yang ditenagai AI oleh OpenAI.

Anggota Parlemen Eropa setuju untuk mendorong rancangan undang-undang tersebut ke tahap berikutnya, yaitu trilog, selama yang mana para pembuat undang-undang dan negara-negara anggota Uni Eropa akan menyelesaikan detail terakhir dari undang-undang tersebut.

Menurut proposal, alat AI akan diklasifikasikan berdasarkan tingkat risiko yang dianggap, mulai dari minimal hingga terbatas, tinggi, dan tidak dapat diterima. Area yang menjadi perhatian meliputi pengawasan biometrik, penyebaran informasi yang salah atau bahasa diskriminatif.

Meskipun alat dengan risiko tinggi tidak akan dilarang, perusahaan yang menggunakannya perlu sangat transparan dalam operasi mereka.

Perusahaan yang menggunakan alat AI generatif, seperti ChatGPT atau generator gambar Midjourney, juga harus mengungkapkan setiap materi berhak cipta yang digunakan untuk mengembangkan sistem mereka.

Ketentuan ini merupakan penambahan terbaru yang disusun dalam dua minggu terakhir, menurut sumber yang akrab dengan diskusi. Beberapa anggota komite awalnya mengusulkan melarang penggunaan materi berhak cipta untuk melatih model AI generatif secara keseluruhan, kata sumber itu, tetapi ini ditinggalkan untuk persyaratan transparansi.

"Sesuai dengan keinginan konservatif untuk lebih banyak pengawasan dan khayalan kiri tentang regulasi berlebihan, parlemen menemukan kompromi yang solid yang akan mengatur AI secara proporsional, melindungi hak warga, serta mendorong inovasi dan meningkatkan ekonomi," kata Svenja Hahn, wakil Parlemen Eropa, dikutip Reuters.

OpenAI yang didukung Microsoft memicu kekaguman dan kecemasan di seluruh dunia ketika mereka meluncurkan ChatGPT akhir tahun lalu. Chatbot ini menjadi aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah, mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan dalam beberapa minggu saja.

Perlombaan selanjutnya di antara perusahaan teknologi untuk membawa produk AI generatif ke pasar menimbulkan kekhawatiran bagi beberapa pengamat, sementara pemilik Twitter Elon Musk mendukung proposal untuk menghentikan pengembangan sistem semacam itu selama enam bulan.

Setelah menandatangani surat tersebut, Financial Times melaporkan bahwa Musk berencana untuk meluncurkan startupnya sendiri untuk menyaingi OpenAI.