Perbandingan Snapdragon vs Mediatek, Mana yang Lebih Unggul?
Ilustrasi Snapdragon vs Mediatek (foto: dok. Frepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Prosesor menjadi komponen penting dalam performa sebuah smartphone. Semakin tinggi kualitas prosesornya maka kinerja smartphone semakin cepat atau kencang. Snapdragon dan Mediatek saling bersaing menjadi chipset yang mendominasi handphone android. 

Jenis chipset atau prosesor menjadi pertimbangan ketika seseorang ingin membeli handphone. Pilihan prosesor disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, misalkan untuk performa gaming atau aplikasi lainnya.  

Prosesor Snapdragon dan Mediatek memiliki perbedaan dari segi harga. Snapdragon menjadi prosesor pada handphone kelebih berharga tinggi. Kedua jenis prosesor ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Snapdragon vs Mediatek Manakah yang Lebih Baik?

Snapdragon tengah menjadi prosesor yang populer digunakan saat ini. Mediatek berada di urutan ketiga di bawah prosesor bikinan Apple.  

Prosesor Mediatek

Prosesor Mediatek umumnya terpasang dalam handphone segmen mid range. Harga handphone dengan prosesor Mediatek lebih murah dibandingkan Snapdragon. Berikut beberapa kelebihan dan kekuarangan dari chipset Mediatek.

- Chipset memiliki lebih banyak inti per prosesor yang membantu dalam kecepatan komputasi

- Kinerja CPU dan GPU performa grafis di atas rata-rata

- Konsumsi baterai tinggi

- Tingkat pemanasan suhu tinggi 

- Biaya lebih murah atau terjangkau

Prosesor Snapdragon

Prosesor Snapdragon terdapat dalam berbagai segmen handphone, mulai dari low end, mid range, hingga high end. Handphone dengan prosesor Snapdragon memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Mediatek. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari chipset Snapdragon.

- Prosesor terbaik di pasaran dengan hasil pengjuan Benchmark tertinggi

- Dilengkapi dengan Chip GPU Adreno built-in yang diproduksi Qualcomm

- Performa grafis sangat tinggi untuk segmen gaming

- Konsumsi baterai lebih rendah

- Tingkat pemanasan suhu lebih rendah

- Harga lebih tinggi

Perbandingan Prosesor Snapdragon dan Mediatek

Prosesor Snapdragon dan Mediatek bisa dibandingkan berdasarkan keunggulannya masing-masing, sebagai berikut. 

Kelas Mid Range

Handphone dalam kelas mid range didominasi oleh chipset buatan Mediatek. Model chipset yang paling populer dari Mediatek adalah Helio G90T. Chipset yang diluncurkan pada Redmi Note 8 Pro ini memberikan kinerja terbaik hingga 60 frame per detik di game PUBG Mobile.

Sementara itu, Snapdragon menawarkan chipset 720G, 720G, dan 662. Namun kinerja chipset tersebut masih kalah dari Helio. Keunggulan Snapdragon yakni pada produktivitasnya. Pengguna yang membutuhkan handphone gaming pada kelas ini lebih baik memilih Helio G-series. Namun jika kegunaannya untuk aktivitas harian seperti media sosial dan menonton video, maka Snapdragon 765G lebih disarankan. 

Kelas Flagship

Snapdragon menjadi prosesor yang paling populer dalam ponsel model flagship. Chipset yang paling mendominasi yakni seri Snapdragon 800. Snapdragon 865 menempati posisi teratas di bawah chipset Kirin 9000. 

Sementara itu, MediaTek baru meluncurkan prosesor yang mumpuni untuk kelas flagship pada pertengahan 2022. Chipset unggulan dari Mediatek tersebut adalah Mediatek Dimensity 9000+. Prosesor ini sudah mendukung jaringan 5G yang menggabungkan arsitektur CPU ARMv9 dengan proses teknologi 4 nm. 

Itulah perbandingan prosesor Snapdragon vs Mediatek berdasarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan jenis prosesor dalam handphone menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna handphone.