Buat Chip Kelas Atas, MediaTek Ingin Bersaing dengan Qualcomm
MediaTek ingin merambah persaingan chip papa atas. (foto: dok MediaTek)

Bagikan:

JAKARTA – Pembuat chip MediaTek, yang terkenal dengan silikon kelas menengahnya di ponsel, berencana untuk menantang lini Snapdragon Qualcomm dengan system-on-a-chip (SoC) kelas atas sendiri.

Perusahaan asal Taiwan ini secara historis memproduksi prosesor untuk perangkat kelas bawah seperti Chromebook berbasis ARM dan ponsel yang relatif murah seperti Moto G Power terbaru. MediaTek juga memasok chip untuk produk audio yang terhubung, perangkat yang dapat dikenakan, dan banyak lagi.

Ponsel unggulan biasanya membanggakan perangkat keras terbaru dan terhebat, dan itu termasuk SoC yang sangat cepat yang mampu mengerjakan tugas-tugas intensif data dengan kecepatan kilat.

Apple A15 Bionic memberi daya pada lini iPhone 13, sementara seri Pixel 6 Google berjalan pada chip Tensor, dan Qualcomm menawarkan seri Snapdragon yang ditemukan di berbagai ponsel Android kelas atas. Sementara itu MediaTek biasanya menjauh dari pasar papan atas. Setidaknya, sampai sekarang.

Analis keuangan yang berbasis di Asia Dan Nystedt mengatakan MediaTek berencana untuk mengumumkan chip 5G kelas atas yang baru pada Jumat, 19 November. Dijuluki Dimensity 2000, Nystedt mengindikasikan raksasa chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) akan memproduksi silikon, memanfaatkan proses 4nm-nya.

Secara terpisah, GizChina melaporkan rencana serupa, meskipun dikatakan SoC MediaTek akan diberi nama Dimensity 9000. MediaTek telah mengonfirmasi akan mengumumkan "chip unggulan" 5G, tetapi belum mengungkapkan secara spesifik.

Perusahaan ini telah, memposting video yang mengisyaratkan SoC 4nm. Jika rumor tersebut benar, maka Dimensity akan menjadi chip 4nm pertama yang diumumkan untuk pasar ponsel.

GizChina juga mengatakan Dimensity akan cukup kuat untuk bersaing dengan Snapdragon 898 yang akan segera diumumkan, yang akan menggunakan proses 4nm Samsung. Dimensity konon akan terdiri dari inti Cortex X2, tiga inti Cortex A710, empat inti kecil Cortex A510, dan GPU Mali-G710 MC10.

Sebagai perbandingan, laporan menunjukkan Snapdragon 898 juga akan menampilkan komponen Cortex-X2, bersama dengan Cortex-X1, Cortex-A710, dan Cortex-A510.

Baik GizChina dan Nystedt mengatakan MediaTek akan memasok chip untuk lebih dari selusin ponsel Samsung yang akan diluncurkan tahun depan. Jika benar, MediaTek akan menjadi pemasok silikon terbesar ketiga untuk pembuat ponsel di belakang Qualcomm dan merek Exynos milik Samsung.

Namun, terlepas dari kemampuannya, sepertinya Dimensity tidak akan masuk ke dalam jajaran Samsung Galaxy S22 mendatang. GizChina dan outlet lainnya melaporkan perangkat andalan Samsung akan menggunakan Snapdragon 898 dan Exynos 2200 yang akan segera diumumkan.

Dengan rencana Samsung yang seolah-olah ada dan Google serta Apple menggunakan silikon eksklusif, akan menarik untuk melihat ponsel mana mengandalkan chip Dimensity MediaTek, dan apakah itu benar-benar dapat bertahan di kelas atas.

Terkait