Cara Mudah Menonaktifkan Notifikasi Grup WhatsApp yang Mengganggu!
Cara Menonaktifkan Notifikasi Grup WhatsApp (RMTGMagazine)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi WhatsApp menjadi layanan chatting yang paling banyak digunakan. Platform tersebut memiliki fitur 'Chatting Pribadi' maupun 'Chatt Grup' yang menghubungkan penggunanya dengan banyak orang.

Namun, terkadang fitur 'Chatt Grup' mengganggu pengguna karena banyaknya percakapan yang dilakukan oleh anggotanya. Anda dapat keluar dari grup, tetapi Anda akan kehilangan informasi dari grup tersebut.

Jika Anda menganggap grup tersebut mengganggu tetapi masih ingin berada di dalamnya, WhatsApp memiliki fitur nonaktif notifikasi grup sehingga Anda tidak akan mendapat update percakapan dalam waktu yang telah ditentukan.

Hal itu pun dapat menjadi solusi terbaik bagi pengguna WhatsApp. Apalagi jika Anda mengenal baik dengan anggota grup, sehingga merasa tidak enak jika harus keluar dari grup tanpa alasan.

Pasalnya, jika Anda mengatakan bahwa percakapan di 'Chatt Grup' tersebut telah mengganggu Anda, tentu hal tersebut akan membuat anggota lainnya tersinggung, dan hubungan Anda menjadi renggang.

Anda ingin melakukannya tetapi tidak tahu caranya? tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menonaktifkan notifikasi percakapan 'Chatt Grup' dalam artikel berikut ini.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Grup WhatsApp

Pengguna dapat menonaktifkan notifikasi atau pemberitahuan WhatsApp Grup menggunakan fitur bisukan notifikasi 'mute' di aplikasi WhatsApp dengan cara di bawah ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone Anda atau buka WhatsApp Web menggunakan browser di PC atau desktop.
  2. Cari Grup WhatsApp yang ingin dinonaktifkan pemberitahuan atau notifikasinya.
  3. Tekan menu 'Grup WhatsApp' yang ingin dinonaktifkan notifikasinya dan tahan beberapa detik hingga muncul jendela menu.
  4. Klik tanda tiga titik di pojok kanan atas.
  5. Pilih menu dengan ikon speaker, kemudian klik centang, maka notifikasi percakapan di Grup WhatsApp yang Anda pilih akan berhenti.
  6. Selanjutnya, Anda akan dimintai untuk memilih durasi notifikasi Grup WhatsApp tersebut dinonaktifkan.
  7. Anda dapat memilih durasi 1 hari, 1 bulan, 1 tahun, sampai nonaktif selamanya.
  8. Selanjutnya, WhatsApp akan menonaktifkan notifikasi Grup WhatsApp selama durasi waktu yang telah Anda pilih.
  9. Terakhir klik 'Ok'

Setelah melakukan semua langkah di atas, maka notifikasi percakapan Grup WhatsApp yang Anda blokir tidak akan muncul lagi di aplikasi WhatsApp Anda. Pengguna pun dapat menggunakan WhatsApp dengan nyaman.

Namun, jika suatu hari Anda ingin kembali mengaktifkan notifikasi Grup WhatsApp tersebut, Anda dapat menghilangkan tanda centang pada ikon speaker di menu WhatsApp Grup tersebut.