Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul, Agar Tidak Ketinggalan Info
Cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pengiriman paling popular saat ini. Gratis, jarang gangguan, serta mendukung pengiriman file multimedia.

Memang, akibat isu privasi data yang menyerang WhatsApp awal tahun ini, banyak pengguna kemudian menyeberang ke platform lain. Misalnya ke Telegram atau Signal.

Tapi, jumlahnya tidaklah seberapa. Pasalnya, WhatsApp tetap menjadi aplikasi pengiriman pesan dengan pengguna harian terbanyak.

Aplikasi WhatsApp jarang mengalami gangguan. Pun jika Anda mengalaminya, biasanya karena kesalahan di bagian pengaturan. Salah satu gangguan yang kerap dialami banyak pengguna adalah pemberitahuan yang tidak muncul.

Baik Anda tidak mendengar suara pesan masuk, atau ponsel Anda tidak menunjukkan pesan masuk pada jendela preview. Jika ini terjadi, rasanya tentu saja mengesalkan, bukan?

Untuk membantu pengguna mengatasi kendala ini, tim VOI sudah merangkumkan cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul dari berbagai sumber. Tanpa panjang lebar, langsung saja simak uraian di bawah.

Update Aplikasi

Jika Anda jarang memperbarui aplikasi, wajar kiranya saat aplikasi WhatsApp banyak gangguan. Termasuk gangguan berupa notifikasi yang tidak muncul, gagal melakukan pencadangan pesan, hingga gangguan saat melakukan panggilan video atau suara.

Untuk mengatasinya cukup sederhana. Anda hanya perlu melakukan pembaruan aplikasi. Versi terbaru aplikasi WhatsApp bisa Anda dapatkan lewat Play Store atau App Store.

Caranya gampang. Buka aplikasi App Store atau Play Store. Kemudian ketikkan ‘WhatsApp’ pada kotak pencarian. Begitu muncul aplikasi ini, ketuk tombol ‘Update’ untuk memperbarui versi aplikasi.

Tunggu beberapa saat hingga versi anyar dipasang, lalu Anda bisa membuka aplikasi WhatsApp.

Menghidupkan Pemberitahuan Lewat Pengaturan

Android memberi kebebasan pengguna untuk menonaktifkan pemberitahuan aplikasi yang dirasa mengganggu. Maka, ada kemungkinan tidak munculnya notifikasi WA akibat Anda yang tidak sengaja menonaktifkannya.

Untuk itu, Anda perlu mengecek pengaturan notifikasi WA lewat Pengaturan HP Android. Pertama, buka aplikasi Pengaturan, kemudian pilih menu Manajemen Aplikasi. Pada bagian Daftar Aplikasi, temukan ikon WhatsApp lalu ketuk ikon tersebut.

Jika sudah, pilih menu Atur Pemberitahuan. Di dalam menu tersebut, Anda akan menemukan beberapa pengaturan yang ternyata membuat notifikasi WA tidak muncul.

Hentikan Paksa Lalu Bersihkan Cache

Sama seperti aplikasi lainnya, WhatsApp menyimpan data temporer sebagai cache guna mempercepat pemrosesan dan mengurangi waktu loading. Akan tetapi, ketika data cache menumpuk terlalu banyak, malah berpotensi mengganggu kinerja aplikasi.

Untuk itu, Anda perlu membersihkan cache aplikasi WhatsApp. Caranya bisa dimulai dengan membuka Pengaturan. Lalu buka menu Manajemen Aplikasi. Buka ikon WhatsApp yang muncul pada Daftar Aplikasi, lalu ketuk menu ‘Penggunaan Data’.

Di dalamnya, Anda perlu membersihkan data cache maupun data aplikasi. Dengan begitu, aplikasi WhatsApp pun bisa bekerja optimal seperti semula.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul pada HP Android Anda. Semoga cara di atas bisa membantu Anda untuk mengatasi kendala ini.