Begini Caranya <i>Mute</i> Notifikasi Obrolan di Grup WhatsApp Selama-lamanya
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp (WA) akhirnya menambahkan opsi untuk membisukan (mute) notifikasi percakapan di grup WA untuk selama-lamanya. Di mana sebelumnya, opsi mute hanya bisa dilakukan paling lama satu tahun.

Melalui akun resminya di Twitter, WhatsApp mengumumkan opsi "Always Mute" untuk menonaktifkan notifikasi di percakapan grup. Fitur tersebut bisa ditemukan setelah memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi 2.20.203. 

Hal ini tentunya cukup membantu pengguna WhatsApp yang kerap terganggu dengan notifikasi pesan yang muncul dari obrolan di grup WA. Pengguna yang membutuhkan privasi pun kerap menggunakan opsi untuk membisukan notifikasi percakapan dalam jangka waktu tertentu.

Di mana sebelumnya, WhatsApp hanya menyajikan opsi mute (bisukan) notifikasi percakapan selama delapan jam, satu hari, satu minggu atau paling lama setahun. Artinya pengguna tak akan mendapatkan notifikasi pesan dari orang maupun grup WhatsApp.

Lalu bagaimana cara untuk membisukan notifikasi obrolan dalam waktu yang tidak ditentukan atau opsi Always Mute di WhatsApp? 

1. Karena ini adalah fitur baru, maka pengguna harus memperbarui aplikasi WhatsApp mereka melalui Play Store maupun App Store.

2. Jika sudah, buka WhatsApp di ponsel Anda dan pilih obrolan yang ingin dibisukan, bisa grup atau akun seseorang.

3. Kemudian, pilih ketuk tiga titik yang berada di pojok kanan atas untuk memiilih opsi mute (bisukan).

4. Selanjutnya, ketuk opsi Mute dan pilih Always untuk mematikan notifikasi percakapan dari obrolan di grup selamanya. 

Dengan cara ini, pengguna tidak perlu repot-repot membisukan notifikasi setiap tahunnya secara berulang. Prosedur yang sama juga telah tersedia untuk WhatsApp Web.