Deretan Pembaruan Telegram, Penguna Bisa Atur Suara untuk Notifikasi Khusus
Telegram kembali merilis kemampuan baru. (foto: dok Telegram)

Bagikan:

JAKARTA - Telegram kembali merilis kemampuan baru yang membawa beberapa tambahan bagus untuk aplikasinya. Salah satunya adalah membuat suara apa pun sebagai nada notifikasi mereka saat menerima pesan.

Pengguna dapat menggunakan file audio pendek yang diunggah dari ponsel dan menyimpan pesan suara sebagai nada notifikasi dari obrolan.

Telegram mengatakan saat ini mendukung file audio dan pesan suara di bawah 300KB dan berdurasi kurang dari lima detik. Pengguns dapat menetapkan suara ke obrolan tertentu atau seluruh grup obrolan.

Cara menggunakannya mudah saja, pengguna tinggal membuka Settings di Telegram kemudian pilih Notification dan klik Sounds.

Jika pengguna tidak memiliki suara sebagai pilihan, pengguna dapat memilih dari berbagai opsi bawaan, mulai dari lonceng hingga Merlin si kucing, tersedia dari saluran Notification Sounds Telegram.

Selain nada notifikasi, Telegram juga menghadirkan kemampuan untuk membisukan obrolan. Saat ini diketahui pengguna dapat menonaktifkan notifikasi dari obrolan tertentu dengan opsi durasi selama satu jam, delapan jam, atau dua hari.

Namun, di Telegram v8.7.0, pengguna mendapatkan akses ke durasi bisu khusus untuk obrolan apa pun yang lebuh lama. Pengguna dapat membisukan obrolan selama tiga jam, satu hari, tiga hari, satu minggu, dua minggu, tiga minggu, satu bulan, dua bulan, dan tiga bulan.

Untuk menggunakan fitur tersebut, ketuk opsi Notification di halaman info obrolan di Android atau ketuk tombol Mute di halaman info obrolan di iOS.

Melansir XDA Developers, Selasa, 19 April, Telegram juga telah membuat beberapa perubahan khusus OS, termasuk peningkatan terjemahan dalam aplikasi di iOS yang mendukung banyak bahasa seperti Telegram versi Android.

Aplikasi perpesanan milik Pavel Durov itu juga menghadirkan emoji makanan animasi baru sekantong popcorn dan setumpuk pancake.

Adapula menu hapus otomatis baru di profil. Pengguna dapat menggunakan menu ini untuk mengatur penghitung waktu hapus otomatis untuk obrolan apa pun, dan isinya akan dihapus setelah jangka waktu yang telah ditentukan.

Fitur ini menawarkan dukungan untuk pengaturan pengatur waktu yang fleksibel, memungkinkan penggunaf untuk menghapus obrolan secara otomatis setelah satu jam, sehari, seminggu, sebulan, dan banyak lagi.