Setelah Kritik Apple, Telegram Luncurkan Pembaruan Emoji Interaktif untuk Semua Pengguna
Emoji Instagram (Ilustrasi: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah melakukan kritik terhadap Apple yang membuat pembaruan aplikasinya tertunda, bos Telegram Pavel Durov mengumumkan pembaruan itu datang sekarang.

Hari ini, Minggu, Telegram mengumumkan bahwa mereka meluncurkan pembaruan pada fitur emoji interaktif yang akan membuat percakapan menjadi lebih menarik.

Namun, tidak semua pembaruan ini dapat dinikmati oleh semua orang karena ada beberapa pembaruan yang diluncurkan khusus untuk pengguna Telegram premium. Berikut beberapa pembaruan tersebut.

Emoji Kustom Beranimasi (Custom Animated Emoji)

Mulai hari ini, Telegram memberikan 10 paket emoji kustom yang bisa ditambahkan oleh pengguna Telegram premium. Jumlah ini baru permulaan karena Telegram berjanji akan menghadirkan lebih dari 500 emoji premium di masa mendatang.

Pengguna Telegram biasa dapat melihat emoji kustom tersebut jika Anda yang mengiriminya. Bahkan, bisa menggunakannya secara gratis dalam Pesan Tersimpan.

Emoji Kustom Interaktif (Interactive Custom Emoji)

Banyak emoji kustom yang populer juga interaktif saat dikirim dalam obrolan pribadi 1-on-1. Jadi, jika Anda mengetuk emoji yang Anda atau orang lain kirim, Anda akan melihat efek layar penuh di ruang obrolan Anda.

Pengaturan Privasi untuk Pesan Suara (Voice Message Privacy Setting)

Untuk pengguna Telegram premium, sekarang Anda dapat mengontrol siapa saja yang dapat mengirimkan pesan suara dan video kepada Anda. Telegram akan memberikan opsi seperti Semua orang, Kontak saya, atau Tidak ada.

Pemberian Telegram Premium (Gifting Telegram Premium)

Dengan fitur ini, Anda dapat membagikan pengalaman Telegram Premium Anda dengan teman, keluarga, dan rekan kerja dengan membelikan mereka kartu langganan secara prabayar untuk 3, 6 atau 12 bulan dengan harga diskon.

Caranya, buka profil pengguna, lalu ketuk Menu iOS atau Menu Android dan pilih Beri Premium. Kartu langganan yang diberikan akan secara instan muncul dalam obrolan Anda dengan pengguna tersebut dengan kotak hadiah beranimasi.